Tahun 2018 Desa Triwidadi Dikukuhkan Menjadi Desa Budaya

Posted by Humas Polresbantuldiy on 04:00

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman menghadiri pengukuhan pengurus Desa Budaya Desa Triwidadi periode 2018 - 2023 dalam mewujudkan Triwidadi lebih berdaya dan berbudaya serta dilanjutkan pembukaan festival Dusun Polaman ke- 1 th 2018, bertempat di halaman rumah Bapak Sarwanto Polaman rt.01. Triwidadi Pajangan Jumat (30/03/2018) pukul 20.00 wib.

Acara ini dihadiri oleh Drs Sapto Saroso S Psi anggota DPRD kab. Bantul, Pejabat Dinas Kebudayaan Prop. DIY Bapak Edi Ismoyo, Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanto,

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah SAP, Danramil Pajangan Kapten Inf. Purwanto, Dekan fakultas agama islam UMY Ibu Ameliya Pratiwi, lurah desa Triwidadi  Slamet Riyanto,  anggota BPD desa Triwidadi, ketua desa budaya terlantik Bapak Saridal, mahasiswa  fakultas agama islam UMY, kadus se desa Triwidadi dan tamu undangan lebih kurang 100 orang.

Dalam  sambutannya kadus Polaman antara.lain mengatakan dusun Polaman akan mewujudkan dusun berbudaya berdaya guna di masyarakat yang bernuansa alam. Dusun polaman dengan  etnik dan budaya berkerjasama dengan karang taruna dan fak agama islam UMY serta pemerintah desa Triwidadi akan mewujudkan menjadi Desa Budaya.

Dekan fakultas agama  islam UMY Ameliya Pratiwi  antara lain mengatakan Kerja sama antara mahasiswa dengan karangtaruna  dalam bentuk berbagai kegiatan untuk mendukung dan merintis ke arah desa Budaya sebab dari UMY ada program pengabdian masyarakat.

Sambutan lurah desa Triwidadi  Bapak Slamet Riyanto antara lain mengatakan  Potensi seni budaya dusun Polaman, dan Pengukuhan pengurus desa budaya Triwidadi yang baru dapat melestarikan nilai nilai budaya masyarakat  Triwidadi. Mengembangkan seni budaya toto kromo nilai luhur adat, budaya seni, budaya lukis  dan lainnya.  Bicara seni didesa Triwidadi banyak budaya filosofi yang  didalamnya ada pepatah jawa “sangkan paraning dumadi”.
Budaya yang ada merupakan asal usul daerah setempat.  Seni dan budaya diera sekarang harapan kedepan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Budaya dikemas dalam desa  budaya yang berdaya guna diperekonomian di masyarakat

Potensi masyarakat dipupuk dengan cara melesatarikan budaya dan potensi yang ada di masyarakat.

Dilanjutkan sambutan Drs Sapto Saroso S.Psi. Dprd kab. Bantul antara lain mengatakan selamat desa Triwidadi atas pengukuhan pengurus desa Budaya.

Festival budaya polaman mensosialisasokan budaya potensi yg ada di masyarakat.

Budaya setempat harus dipertahankan karena didukung oleh dana Keistimewaan Prop DIY. Budaya mempunyai nilai sangat tinggi, berbudaya membawa masyarakat dapat meningkatkan perekonomiannya.

Sementara  dari Dinas Kebudayaan Bapak  Edi Ismoyo antara lain  mengatakan budaya banyak mengandung filosofi yang perlu dilestarikan ssebagai salah satu benteng terhadap pengaruh budaya asing masuk ke Indonesia secara luas.

Apresiasi pengukuhan yang menuju desa budaya maju mempunyai harapan dapat memanfaatkan  akses dana kesenian dengan nomor  induk kebudayaan untuk pentas mandiri . Perbedaan dengan  desa budaya rintisan maka kantong budaya  danais belum bisa menyentuh ke kelompok budaya yang terbawah yang ada didusun.

Dilanjutkan pembukaan festival budaya Dusun  polaman th 2018. Kegitan ini dapat berjalan aman dan lancar mulai awal sampai akhir pkl 24.00 wib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 04:00

0 komentar:

CB