Tsunami Run Dan Peresmian TES Di Pantai Kwaru Poncosari

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:46

Kabag Ops Polres Bantul Kompol Jan Benjamin. S.Sos dan Kapolsek Srandakan Kompol Slamet menghadiri peresmian Tempat Evakuasi Sementara (TES) di Pantai Kwaru Poncosari Srandakan oleh Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, Kamis (26/4/2018).

Peresmian Tempat Evakuasi Sementara (TES), yang diawali dengan acara Tsunami Run merupakan puncak acara Hari Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan sejak tanggal 20 April hingga 26 April 2018. Pada kesempatan ini, BPBD juga melakukan launching icon BPBD Bantul dengan Tema Keluarga SiTaTang (Siap, Tanggap, dan Tangguh), dengan harapan dapat menanamkan masyarakat Kabupaten Bantul yang selalu siap, tanggap, dan tangguh dalam menghadapi setiap ancaman bencana.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Drs. Dwi Daryanto, M.Si., kegiatan Tsunami Run pada puncak acara Hari Kesiapsiagaan Bencana bertujuan untuk melatih masyarakat pesisir dalam menyelamatkan diri dari ancaman tsunami.

Dalam sambutannya, Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Rina Agustin Indriani, Tempat Evakuasi Sementara yang dibangun oleh Kementerian PUPR nantinya akan diserahkan ke Kabupaten Bantul dan diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya. Gedung tersebut juga telah dibangun dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip keamanan dan keselamatan sehingga dapat digunakan untuk menampung masyarakat saat terjadi bencana tsunami hingga menunggu datangnya bantuan.

Sementara Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan bahwa negara kita tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki potensi bencana gempa, tsunami, gunung meletus, banjir, longsor, sehingga masyarakat harus mempunyai kemapuan penyelamatan terhadap dirinya sendiri. Kesadaran terhadap kondisi real sebagai daerah rawan bencana setidaknya dapat menanamkan kesiapan mental pada diri masyarakat untuk menghadapinya.

Acara ditutup dengan penyerahan kunci gedung Tempat Evakuasi Sementara dari Kementerian PUPR kepada Wakil Bupati Bantul, kemudian diserahkan kepada BPBD Bantul. (Humas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:46

0 komentar:

CB