Desa Triwidadi Mewakili Bantul Sebagai Desa Pembina Lingkungan Ke Tingkat Propinsi

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:33

Pemerintah Desa Triwidadi Kecamatan Pajangan mendapat  Evaluasi Kalpataru kategori Pembina Lingkungan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2018 oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul di Aula Balai Desa Triwidadi, Jumat (04/05/2018) Pukul 14.00 wib.

Kegiatan ini dihadiri  Ketua Tim Evaluasi Bapak JITO dari  dinas lingkungan Hidup Propinsi DIY beserta tim , Sekcam Pajangan Bambang Subarta, S.Sos, M.Si, Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto, Gapoktan se Desa Triwidadi, Babinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman,dukuh se Triwidadi dan  tamu undangan 30 orang.

Dalam sambutannya sekcam Kecamatan Pajangan Bambang Subarta SSos, MSi, mengatakan bahwa sebagian besar wilayah Pajangan adalah hutan Rakyat. Dengan perjuangan seluruh elemen masyarakat  lahan pertanian yang semula 100 ha bisa meningkat menjadi 153 ha. Terima kasih kami ucapkan atas kedatangan Tim evaluasi Kalpataru dari dinas lingkungan hidup Prop DIY.

Dihadapan tim evaluasi, Lurah desa Triwidadi Slamet Riyanto memaparkan  yang jadi moto kami adalah semoga berguna dan bermanfaat untuk orang lain . Kegiatan yang kami lakukan untuk pelestarian lingkungan hidup dan untuk meningkatkan kesejahteraan petani adalah pembuatan dam dan irigasi buatan sabanyak 6 buah , peremajaan tanaman bagi warga yang menebang pohonnya, juga lahan pertanian untuk budidaya tanaman Garut yang bisa dibuat emping , kegiatan pembuatan sanitasi masyarakat sebanyak 600 keluarga dengan dana stimulan sehingga dari total warga Triwidadi 3000 KK yang mempunyai jamban ada 2600 KK, warga Pajangan jika  diambil rata rata maka per KK masih mempunyai lahan pertanian sekitar 3000 meter, program lain ada juga pemasangan tulisan himbauan larangan memburu satwa di hutan rakyat. Program pengelolaan sampah dilakukan oleh karang taruna di 4 dusun untuk memilah sampah plastik dan sampah organik, sampah plastik dikumpulkan untuk dijual dan masuk ke kas karang taruna sementara untuk sampah organik dikubur agar menjadi kompos.

Kegiatan dilanjutkan peninjauan irigasi buatan di dusun Butuh kidul dan sendang  angin angin di dusun Guwo , serta peninjauan lahan pertanian baru di dusun kersan. Kegiatan evaluasi berakhir pukul 17.00 wib berjalan lancar. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:33

0 komentar:

CB