Jogja Patriot Run 2018 Di UMBY 1 Sedayu Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:47

Kabag Ops Polres Bantul Kompol Yan Benyamin, S. Sos memimpin pengamanan  giat lomba lari “Jogja Patriot Run” di UMBY 1 Sedayu Bantul, Minggu, 13 Mei 2018 pukul 05.15 wib.

Dalam lomba lari ini disediakan hadiah total 100 juta diikuti sebanyak 1.990 peserta yang dibagi menjadi  dua katagori jarak tempuh  yaitu 11 K dan 6 K dengan rute seputar Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta dengan star finis di Kampus 1 UMBY Sedayu Bantul. Sebelum giat dimulai semua peserta lomba menyanyikan lagu Indonesia raya sehinga terdengar menggema di kampus UMBY.

Adapun lomba lari 11 K dilepas olah Gubernur DIY Sri Sultan  Hamengku Buana ke XI. Sedangkan untuk lomba lari 6 K termasuk TNI Polri dan Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan, SIK, MH serta pejabat POlda DIY ada didalamnya dilepas oleh Ibu Titik Suharto.

Jogja Patriot Run yang diprakarsai oleh Universitas Mercu Buana ini dicetuskan oleh Bapak DR. Arissetyanto Nugroho (Rektor UMB Jakarta) kerjasama dengan UMB Yogyakarta dan Museum Soeharto untuk memberikan awareness kepada anak jaman now agar selalu menghargai jasa para pahlawan besar Bangsa Republik Indonesia.

Event lari ini bertujuan untuk mengenang begitu bersejarahnya kota Yogyakarta dimasa Kemerdekaan RI pada waktu dulu. Acara lari ini khusus diselenggarakan agar dapat memberikan awareness kepada generasi baru kita untuk tidak melupakan betapa pentingnya mengenal sejarah bangsa sendiri.

Pada bulan Mei, banyak hari-hari bersejarah peristiwa penting yang patut dirayakan, yaitu tanggal 1 Mei adalah hari dimana Propinsi Irian Barat kembali kepangkuan Ibu Pertiwi pada tahun 1963, sebagai wujud keberhasilan Komando Mandala yang dibentuk oleh Presiden Soekarno dengan dipimpin oleh Mayjend TNI Soeharto. Selain itu, tanggal 2 Mei merupakan hari Pendidikan Nasional dan tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional.

Rute kegiatan lari ini juga melewati Memorial Jenderal Besar H.M. Soeharto, tempat tersimpannya banyak benda dan informasi bersejarah peristiwa penting selama periode tersebut. Selain penyampaian peristiwa penting tersebut melalui kegiatan olahraga juga diharapkan memberikan pengalaman yang istimewa dan juga mengajak para generasi muda untuk mulai memperhatikan gaya hidup yang sehat, karena kita semua menginginkan bahwa generasi muda inilah yang akan meneruskan kepemimpinan bangsa. Dengan membentuk generasi muda yang sehat, maka kita semua percaya bahwa generasi penerus bangsa akan sangat berpotensi untuk memberikan kemajuan yang luar biasa di negara kita.

Semua peserta di tiap kategori yang telah menyelesaikan lomba akan mendapatkan medali. Dalam pelaksanaan lomba lari ini pihak panitia menyediakan  tim medis yang terdiri dari mobil ambulance dan tim paramedis untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan pada peserta lari saat melaksanakan lomba. Air minum juga disediakan bagi peserta di beberapa titik di rute lomba, dan juga di area refreshment, setelah peserta mencapai garis Finish.

Adapun hasil lomba lari sebagai berikut, Jogja patriot Run dengan katagori 11K Putra yaitu Yudianto sembiring  Juara 1, Rikki marthim Luther simbolon juara 2 dan Betmen Manurung Juara 3.

Juara Putri katagori 11K yaitu Yanita sari juara 1, Vera vebrianti juara 2 dan Riza Wijayanti juara 3.

Sedangkan Jogja patriot Run dengan katagori 6K sebagai juara Putra yaitu Elisar Gamanshi juara 1 mendapatkan Rp 5 juta, Ranto juara 2 mendapatkan Rp 3 juta dan Ardiansyah juara 3.

Juara putri katagori lari 6K Putri yaitu Septiana Dita Sari Juara 1, Novita Andriani juara 2 dan Darwati juara 3.

Untuk kelancaran lomba lari dan mengantisipasi kemacetan arus laulintas, selain di lokasi kegiatan, Kabag Ops Polres Bantul menempatkan personilnya di penggal penggal jalan untuk mengatur arus lalulintas. Pengamanan dibantu oleh Koramil dan Polsek Sedayu berakhir dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:47

0 komentar:

CB