Kapolsek Pajangan Hadiri Evaluasi Petugas Inseminator Buatan Tingkat DIY 2018

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:30

Telah Berlangsung giat Evaluasi petugas IB /Inseminator Buatan tingkat Provinsi DIY tahun 2018 oleh Dinas Pertanian DIY di rumah Bapak Ismanto Dusun Kayuhan Kulon Desa Triwidadi Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul , Rabu (09/05/2018) pukul 10.00 wib .

Hadir dalam evaluasi ini Ketua Ketua tim evaluasi ibu  Ir Erna Rusmiyati dari Dinas pertanian DIY beserta 8 anggota, Kabid Peternakan DIY Joko Waluyo, Kapolsek Pajangan AKP SRI BASARIAH SAP, Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanto, Kepala dinas pertanian Kab. Bantul Ir Pulung Haryadi, lurah Triwidadi Slamet Riyanto , dan petani ternak sapi Pajangan dan Sedayu lebih kurang 50 orang.

Ismanto , selaku Ketua  inseminator swadaya/mandiri memaparkan bahwa saya telah mengikuti pelatihan inseminator sejak th 1990. Dimana selaku inseminator mandiri mempunyai wilayah kerja Pajangan dan Sedayu. Sistem pelayanan yang dilakukan adalah aktif dan semi aktif . Sebelum melaksanakan inseminasi maka pertama yg dilakukan adalah membersihkan peralatan dengan menggunakan alkohol. Setelah itu siap mendatangi peternak sapi yang membutuhkan. Inseminasi berhasil dan tidaknya dapat dilihat setelah 18 hari sampai 30 hari sudah kelihatan bunting apa belum. Sementara populasi ternak di wilayah Pajangan untuk sapi potong ada 4313 ekor , sapi perah ada 9 ekor   , kambing ada 5994 ekor. Hasil pemeriksaan kebuntingan th 2015 ada 127 ekor , th 2016 ada 185 ekor , th 2017 ada 618 ekor . Adapun permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah masih banyak terjadi kawin berulang , letak geografis yang cukup sulit dan terjal karena wilayah pegunungan, serta adanya kawin alami.

Selesai paparan dari ketua Inseminator Pajangan , dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi oleh Ketua tim dan anggota dari dinas pertanian propinsi DIY.

Dalam pelepasan tim evaluasi oleh Camat Pajangan menyampaikan terima kasih dan merupakan kebanggaan bagi kita Tim bersedia datang mengevaluasi petugas inseminasi Kecamatan Pajangan yabg mewakili Bantul maju ke tingkat propinsi, semoga menambah kemajuan bagi kami semua, besar harapan kami semoga  bisa maju ke tingkat Nasional.
Acara berakhir pukul 13.00 wib berjalan aman dan lancar (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:30

0 komentar:

CB