Kapolsek Pandak Hadiri Acara Kirab Jodang

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:29

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud menghadiri acara Kirab Jodang dengan start di Balai Desa Wijirejo dan finish di Pasarean Makam Sewu Dusun Pedak Wijirejo Pandak Bantul, Senin (07/05/2018) pukul 13.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Sunarto SH, Camat Pandak Dra Sri Kayatun, Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud, Ketua KUA Pandak Asrori SH, Lurah Wijirejo H Murtando berserta Pamong Desa Wijirejo, Lurah Sendangsari Pajangan Erwan, 10 personel Polsek Pandak dan Linmas serta FKPM Wijirejo jumlah 50 personel sebagai keamanan.

Kirab Jodang merupakan tradisi religius dan rutin diadakan tiap tahunnya pada bulan Ruwah (sebelum puasa) di Makam Sewu dalam rangka Ziaroh Kubur dan untuk melestarikan tradisi leluhur yang telah mengakar di warga Wijirejo. Acara Kirab Jodang merupakan puncak acara dari kegiatan Nyadran di Makam Sewu dimana sebelumnya sudah ada kegiatan, di antaranya Semaan Alquran, Dzikir Tahlil, Pengajian dan Mocopatan.

Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengaku bangga atas kekompakan dan kebersamaan warga Wijirejo dan sekitarnya yang masih semangat dalam melestarikan kebudayaan religius ini.

Kebudayaan yang baik ini jangan sampai kita lupakan dan kita jangan sampai lupa kepada leluhur kita yang telah banyak meninggalkan kebajikan dan kebaikan kepada kita semua.

Kebudayaan semacam ini juga akan mengingatkan pada kita semua bahwa suatu saat kita juga akan meninggal. Pemerintah Kabupaten Bantul mempunyai cita-cita agar masyarakat Bantul dapat mengenyam kehidupan yang harmonis dan guyub rukun dan kegiatan Nyadran semacam ini adalah salah satu tradisi dan kebudayaan yang bisa menumbuhkan rasa kekeluargaan dalam kebersamaan. (Humas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:29

0 komentar:

CB