Launching Rumah Makan Dan Tempat Pertemuan Ndalem Saryantan Di Mangir Kidul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:00

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri launching rumah makan dan tempat Pertemuan Ndalem Saryantan di Dusun Mangir Kidul Sendangsari Pajangan Bantul, Senin sore (30/4/2018).

Hadir dalam acara ini DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM, Sekcam Kec. Pajangan Subarta, S.Sos, M.Si, Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Purwanto, Ibu Yuli Puskesmas Pajangan, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Ibu Rany Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Pamong Desa Sendangsari, Kelompok Koes Plusan Delta Plus, Kelompok Musik Kiai Kanjeng, segenap media dan tamu undangan.

Mewakili tuan rumah Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST mengatakan, di Desa Wisata Mangir telah dibangun tempat rumah makan dan tempat pertemuan yang diberi nama Ndalem Saryantan,  acara ini merupakan launching rumah makan dan tempat pertemuam tersebut. Pengembangan tempat ini perlu partisipasi dari masyarakat dan seluruh Bapak Ibu tamu undangan yang hadir dalam acara ini. Kami juga berterimakasih kepada Bpk. Dawud dari Dekranas yang membantu tulisan Desa Wisata Mangir. Kami juga mohon arahan dan petunjuk dari Bpk. DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM karena Komisi Beliau sesuai dengan pengembangan Wisata Budaya terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta lebih khusus di Mangir ini. Terima kasih kepada Bpk. DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM, sanggar Prameswari di Mangir mendapat bantuan dari Pemerintah DIY. Kami mohon kepada para wartawan untuk membantu promosi tempat ini sehingga bisa dikenal dan menjadi bermanfaat, tempat ini bisa digunakan untuk pertemuan dan didukung Desa Wisata Mangir yang memiliki spot-spot untuk outbond, wisata sejarah petilasan Ki Ageng Mangir, latihan perang-perangan komunitas air softgun dan lainnya, tuturnya.

DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM mengawali sambutannya mengucapkan selamat kepada Saryanta dan keluarga dengan dilaunchingnya rumah makan dan tempat pertemuan Ndalem Saryantan di Desa Wisata Mangir.  Tempat ini memberikan konstribusi pariwisata di DIY lebih khusus Bantul dengan dibukanya akan menjadikan destinasi wisata baru, tidak hanya komersial saja namun bisa menjadikan strategi tujuan wisata di Kabupaten Bantul khususnya di Pajangan. Mas Saryanta adalah seniman dan budayawan dan kami optimis nantinya Mas Saryanta bisa membantu pengembangan pendidikan seni dan budaya Yogyakarta khususnya di Desa Wisata Mangir ini. Kami yakin tempat ini disulap tidak hanya komersialisasi saja, namun lebih fokus untuk pengabdian kepada bangsa dan negara dengan aktualisasi di bidang seni dan kebudayaan.  Bpk Gubernur mempunyai visi, kawasan selatan Yogya menjadi pintu gerbang masuk ke D.I. Yogyakarta, sehingga diperlukan sinergi antara kami, pelaku pariwisata, pelaku seni budaya, pemangku kepentingan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mewujudkannya. Pajangan masuk di kawasan selatan berdekatan dengan sungai Progo, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata D.I. Yogyakarta dari selatan. Kami selaku DPRD DIY akan selalu mensuport apa yang disampaikan Pak Lurah, menjadikan Mangir sebagai kawasan Cagar Budaya, pariwisata sebagai trobosan untuk menambah kawasan khasanah dunia pariwisata di Kabupaten Bantul, ujarnya.

Sekcam Kec. Pajangan Subarta, S.Sos, M.Si  mewakili Pemerintah Kabupaten bantul sebelum melaunching rumah makan dan tempat pertemuan Ndalem Saryantan mengatakan, tempat ini merupakan karya besar menunjang pariwisata yang ada di Dusun Mangir Kidul Desa Sendangsari Kecamatan Pajangan. Kita perlu jaga, kita berikan kesan yang baik agar tempat ini  menjadi tempat favorit untuk mendapat kunjungan lagi dari wisatawan, katanya.

Selesai pembukaan acara dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin oleh Kaum Rois Dusun Mangir, dengan harapan rumah makan dan tempat pertemuan Ndalem Saryantan dapat bermanfaat untuk kemajuan pariwisata, perkembangan seni budaya di Desa Wisata Mangir dan dapat mewujudkan visi Kabupaten Bantul untuk mewujudkan masyarakat Bantul yang cerdas, sehat dan sejahtera. (Humas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:00

0 komentar:

CB