Pelatihan Pengembangan WUB IKM Dalam Pembuatan Pupuk Organik Pada Kelompok Tani Ngudi Makmur Kayuhan Kulon

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:33

Dinas Perindustrian Perdagangan  dan Koperasi Propinsi DIY mengadakan pelatihan Pengembangan Wirausaha Bersama Industri Kecil Menengah (WUB IKM) dalam pembuatan Pupuk Organik pada Kelompok Tani Ngudi Makmur Kayuhan Kulon di rumah Bapak Aris Suprapto Kayuhan Kulon, Trwidadi, Pajangan , Jumat (11/05/2018) pukul 09.00 wib .

Hadir dalam pelatihan ini Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi DIY yang diwakili oleh Ibu Colince Tandirante SE  , Kepala Dinas Deperindagkop Kabupaten Bantul yang diwakili  Drs Supriyadi, Camat Pajangan Drs Sambudi Riyanto, Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto,  Kasi Humas Polsek Pajangan Aiptu Purnama Eka, dan kelompok tani IKM Ngudi Makmur  Dusun Kayuhan Kulon  Triwidadi sebanyak 20 orang.

Dalam sambutannya Kepala Desa Triwidadi mengucapkan selamat datang kepada tim  pemateri dari Dinas Deperindagkop Propinsi DIY, kami sangat mengucapkan banyak terima kasih semoga menambah ilmu pengetahuan bagi petani dalam membuat pupuk organik padat dan cair. Harapan kami setelah pelatihan ini dapat membuat pupuk organik tanpa membeli pupuk kimia sehingga tanah tetap subur dan perekonomian petani meningkat.

Kepala Dinas Deperindagkop Propinsi DIY yang diwakili oleh ibu Colince Tandurante SE  menyampaikan bahwa pemerintah mendorong petani untuk bisa membuat pupuk organik sehingga bisa mengurangi kebutuhan pupuk kimia . Tujuan pelatihan ini untuk menumbuhkan wirausaha baru khususnya di bidang usaha pembuatan pupuk organik, menambah pengetahuan masyarakat utamanya IKM Ngudi Makmur dalam pembuatan pupuk organik, serta untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Akhirnya dengan mengucapakan Bismillahirrahmanirrahim pelatihan ini resmi saya buka.

Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanto menyampaiakan tentang tehnis dan cara mengajukan ijin Usaha Kecil Menengah, maka langkah pertama yang dilakukan adalah mengurus ijin Badan Hukum / BH , ada struktur pengurus, ada tempat sebagai produksi, dll. Maka kami harapkan kelompok IKM Ngudi Makmur setelah pelatihan dapat mempraktekkan langsung dan punya ijin IKM supaya berbadan hukum resmi. Maka yang paling sulit adalah kontinuitas keberlangsungan untuk membuat pupuk organik terus,  jangan pernah berhenti.

Setelah pembukaan dilanjutkan pelatihan selama 4 hari mulai tanggal 11 s.d. 15 Mei 2018 di rumah Bapak Arus Suprapto Kayuhan kulon Truwidadi Pajangan. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:33

0 komentar:

CB