Pengamanan Giat Puncak Acara Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat DIY Ke - 22 Di Pantai Baru

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:06

Puncak acara Hari Lanjut Usia Nasional Tingkat DIY ke - 22 digelar di Pantai Baru Poncosari Srandakan Bantul. Ribuan Lansia dari Komisi Daerah Lansia se Daerah Istimewa Yogyakarta tampak memadati kawasan pantai yang penuh dengan pohon cemara itu. Minggu (6/5/2018)

Kegiatan yang diawali dengan senam massal Bugar Lansia Indonesia dan dilanjutkan dengan senam massal Projotamansari membuka kemeriahan agenda tahunan ini, Kabupaten Bantul di tahun 2018 ini merupakan tuan rumah Hari Lanjut Usia Nasional, sengaja dipilih kawasan Pantai Baru untuk perhelatan ini karena dipandang cocok untuk memberikan hiburan dan motivasi bagi para lansia.

Hadir pada acara tersebut Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala Badan  Pendidikan dan Penelitian Puspensos  DIY, Bpk. Hari Karyatin, Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos RI, Andi Hanindito, Kepala Dinas Sosial DIY, Drs. Untung Sukaryadi, Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono, Perwakilan DPR Propinsi DIY. bpk. Drs. Suwardi, Perwakilan DPRD kab Bantul, Drs. Edi Susanto, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul, Drs. Edi Susanto, Polda DIY yang diwakili oleh Iptu Dwi Purwanto, Kapolres Bantul yang diwakili oleh Kapolsek Srandakan, Kompol Slamet,  Muspika Kecamatan Srandakan dan para tamu undangan

Menurut Kepala Dinas Sosial DIY Untung Sukaryadi, rangkaian acara HLUN ini meliputi lokakarya, bakti sosial bedah kamar lansia, sepeda sehat bersama lansia dan puncaknya gebyar senam sehat, kehadiran kita semua di sini merupakan bentuk pemberian motivasi keberadaan lansia dan peduli pada lansia sehingga dapat meningkatkan lansia di DIY. Dalam laporannya dia mengatakan, tujuan dilaksanakannya Hari Lanjut Usia Nasional ini guna melembagakan nilai-nilai sosial untuk selalu menghargai keberadaan lansia, memujudkan dan meningkatkan kesejahteraan para lanjut usia, keluarga dan masyarakat akan arti pentingnya makna kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia.

"Memotivasi lanjut usia, keluarga dan organisasi sosial masyarakat serta dunia usaha industri dalam meningkatkan kesejahteraan lansia dengan mengembangkan jiwa dan semangat lansia, " katanya.

Mengambil tema kegiatan "Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia mengandung arti untuk mempersiapkan generasi muda untuk mewujudkan lansia yang sehat aktif mandiri dan bermartabat, memperkuat hubungan lintas generasi yang harmonis menuju lansia yang bermartabat, dan melindungi lansia menuju lansia yang sehat aktif dan bermartabat.

Bupati Bantul Suharsono selaku Pembina Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Bantul dalam kata sambutannya mengajak segenap lanjut usia untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga dan jangan berpikir yang berat-berat, sumeleh menurutnya.

" Pemda Bantul telah menyediakan area untuk berolahraga, car free day yang dilaksanakan tiap Minggu pagi di depan Pasar Bantul, datangilah walau hanya sekedar berolahraga dan jalan-jalan, ataupun bernyanyi-nyanyi yang penting hati seneng yaa, " ucap Bupati.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan singkatnya, mengajak kepada segenap lansia untuk menggiatkan peran serta dalam kegiatan sosial. " Masa pensiun jangan berada di rumah, gunakan masa pensiun untuk berbuat lebih mengurusi sosial masyarakat biar tidak terkena power syndrome, " tegasnya.

Dia mengharapkan segenap lansia untuk selalu menjaga pola makan dan selalu check up kesehatannya. " Ngrumangsani tuwo iku perlu, ojo nggege mongso, kabeh panganan mlebu bahaya kuwi nggo kesehatan, " kata Sultan.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Srandakan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadan aman tertib. (Humas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:06

0 komentar:

CB