Personel Polsek Kasihan Amankan Festival Kirab Budaya Di Dusun Sidorejo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:01

Personel Polsek Kasihan melaksanakan pengamanan Festival Kirab Budaya Bergada, Telaga Semar Seto, peresmian Pasar Srawung (Sunmor) di Dusun Sidorejo Ngestiharjo Kasihan Bantul, Minggu (6/5/2018).

Kirab budaya yang diikuti 4 bergada yaitu bergada dari Dukuh Sidorejo dua bergada, Sonopakis dan Kadipiro dengan route Dusun Kadipiro - Sidorejo - SD Rejodadi - Telaga Kembar Seto. Lomba tumpeng Jajanan Tradisional, pertunjukan Seni Tradisi (campursari). Peresmian pasar Srawung Minggu esuk Telaga Semar Seto. Pembukaan  gelar budaya telaga semar seto yang ke 2. Maksud dan tujuannya untuk tradisi, makanan tradisional, pasar potensi dan kreaktivitas Minggu pagi,  untuk pelestarian sebagai penunjang daya tarik wisata di kawasan Telaga Semar Seto.

Wabub Bantul H. Abdul Halim Muslih mengatakan agar meningkatkan komitmen kebudayaan yang adiluhung dan bangga atas terselenggaranya festival ini, bahwa kebudayaan adalah warisan yang diturunkan tanpa surat wasiat. Inilah sebabnya, mengapa kita harus menjaga dan juga melestarikan budaya kita karena budaya merupakan warisan dari nenek moyang. Budaya juga sangat berpengaruh dalam terbentuknya moral seseorang. Setiap daerah mempunyai kebudayaan masing-masing yang menjadikan ciri khas dari suatu daerah tersebut, seperti budaya Jawa yang terkenal dengan adiluhungnya yang harus dipelihara tidak hanya festivalnya. Tetapi pada masa globalisasi ini, melestarikan budaya lokal sangatlah sulit.

Budaya barat yang masuk di Indonesia membuat terutama di Yogyakarta sangat signifikan perubahannya. Inilah yang menyebabkan kita dilema, apakah harus melestarikan budaya kita yang dianggap sangat ketinggalan zaman atau meninggalkan budaya kita dan mengikuti zaman modern ini, tetapi lama kelamaan akan mengikis budaya kita sendiri, dan tidak bisa dipungkiri suatu saat identitas dari budaya itu sendiri akan hilang dimakan zaman kalau tidak dipelihara dan agar pasar sunmor telaga Semar seto dapat direviltasi lagi.

Sambutan  dari Wakil Kraton Yogyakarta yang disampaikan pak Hermawan Pasar Sidorejo sudah ada peningkatan  yang signifikan semoga pasar  Srawung (sunmor) sidorejo karena dulu saya juga ikut menghadiri gusti pembayun, karena makananya  tradisional,  minuman kunir asem dan kalau bisa Aqua juga pembuatan Sendiri  Aqua telaga seto, agar kegiatan tahuan yang berkualitas. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:01

0 komentar:

CB