Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 Di Halaman Kecamatan Pajangan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:30

Kanit Sabhara Polsek Pajangan Iptu Sarjiman dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana mengikuti upacara peringatan hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 dengan tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Budaya" di halaman pendopo Kecamatan Pajangan Bantul. Rabu pagi (2/5/2018).

Upacara diikuti oleh ASN, Polsek, Koramil, Rutan Bantul, Pamong, Dukuh, Guru, Pelajar SMA, SMP, SD dan PKH se Kecamatan Pajangan.

Inspektur upacara Sekcam Kec. Pajangan Subarta, S.Sos, M.Si dalam upcara bendera ini memvacakan amanat Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Tema peringatan Hardiknas tahun 2018 "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Budaya". Sesuai dengan tema, marilah kita jadikan peringatan ini sebagai memontum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang pengaturan Pendidikan Karakter (PPK), yang mengamanahkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Penguatan karakter dan literasi warga negara merupakan bagian penting yang menjadi ruh dalam kinerja pendidikan dan Kebudayaan. Ki Hajar Dewantara menempatkan hal ini dalam tripusat pendidikan, yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat. Selain jalur pendidikan formal, pendidikan non formal telah banyak memberikan andil dalam mencerdaskan bangsa. Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, jalur formal, jalur nonformal dan jalir informal, ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi, ujarnya.

Perangkat upacara hari pendidikan ini seluruhnya dibebankan kepada SMPN 3 Pajangan. Pelaksanaan upacara dari awal hingga akhir berjalan lancar dan tertib. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:30

0 komentar:

CB