Bhabinkamtibmas Desa Argodadi Hadiri Musyawarah Desa Tentang Padat Karya Tunai

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:47

Bhabinkamtibmas Desa Argodadi  Aiptu Baryadi menghadiri Musyawarah Desa tentang Padat Karya Tunai tahun 2018 di gedung balai desa Argodadi, Kamis (28/6/2018) pukul 13.00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Desa Argodadi Bapak Prayitno, Ketua BPD Argodadi Bapak Semidi beserta anggota, dari ahli PMD Kabupaten Bantul Bapak Agung dan Bapak Agus, Dukuh se Argodadi, Perwakilan Ketua RT, Bhabinkamtibmas Argodadi.

Program Padat karya dilakukan untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran dan gizi buruk. Maka padat karya ditujukan pada keluarga miskin, penganggur, setengah penganggur, anggota keluarga dengan gizi balita buruk dan merupakan kesempatan kerja sementara.

Padat karya juga dimaksudkan sebagai kegiatan yang harus berdampak pada peningkatan pendapatan tanpa sepenuhnya menggantikan pekerjaan yang lama.

Mekanisme dalam penentuan upah dibangun dengan cara partisipatif dalam musyawarah desa. Kegiatanya disusun sendiri oleh desa sesuai kebutuhan lokal. Padat karya difokuskan pada pembangunan sarana prasaraaa perdesaan atau pendayagunaan sumber daya alam secara lestari berbasis pemberdayaan masyarakat.

Manfaat Program Padat Karya adalah menyediakan lapangan kerja bagi penganggur setengah penganggur, keluarga miskin dan keluarga dengan Balita gizi buruk.

Padat karya diharapkan dapat pula membangun kekuatan kebersamaan,  gotong-royong dan partisipasi masyarakat.

Padat karya berbasis pada pengelolaan sumberdaya lokal dan harus mampu meningkatkan produktivitas, pendapatan dan daya beli masyarakat desa sekaligus mengurangi jumlah penganggur dan setengah penganggur. Padat karya juga harus bisa mengurangi beban keluarga miskin dan keluarga dengan balita bergizi buruk yang masih banyak terdapat di wilayah-wilayah desa. (Humas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:47

0 komentar:

CB