Halal Bihalal Di Halaman Kantor Desa Panjangrejo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:11

Bhabinkamtibmas desa Panjangrejo menghadiri giat Halal Bihalal di halaman Kantor Desa Panjangrejo, Senin (25/6/2018).

Lurah Desa Panjangrejo, Pundong. Daru Kisworo, dalam sambutan pembukaan mengucapkan terima kasih pada semua jajarannya dan masyarakat yang telah bahu membahu membangun wilayahnya. Juga permohonan maaf atas apa yang telah dilakukan dalam melayani masyarakat masih jauh dari kesempurnaan.

Kasi Pemerintah Kecamatan Pundong, Subaryoto, SH. Dalam sambutannya mengharapkan kita perlu saling memaafkan, karena setiap kita mengadakan interaksi dengan orang lain disitulah awal kita membuat kesalahan entah disengaja atau tidak.

Lebih lanjut dikatakan dalam beberapa bulan kedepan Desa Panjangrejo akan mengadakan pemilihan Lurah Desa mestinya semua warga diharapkan berpartisipasi. Semakin banyak warga yang ikut menyalurkan pilihan, akan didapat pemimpin yang diharapkan dan berkualitas.

Ustad Mujiharno, S.Ag. yang diundang untuk memberikan tausiyah memberikan kajian tentang Sumber dosa manusia. Dalam hadis nabi ada tiga sumber dosa, siapa yang mampu meghindari akan menjadi manusia yang mudah untuk melangkah menuju sorga.

Angkuh / Takabur pertama kali dilakukan iblis yang diperintahtkan untuk sujud pada nabi Adam tidak mau karena merasa lebih tinggi. Dirinya diciptakan dari api sementara nabi Adam dari tanah. Akhirnya diusir dari Sorga, tapi minta pada Alloh untuk diijinkan menggoda manusia.

Tamak / Rakus yang pertama kali dilakukan oleh Nabi Adam saat berada di Surga. Dengan kenikmatan yang disedikanan Alloh masih mengambil dan makan buah yang sudah dilarang. Sehingga diturunkan ke muka bumi.
Iri Hati yang pertama melakukan putra Nabi Adam yang pertama Qabil, karena tidak terima dengan ketentuan yang dibuat dalam menentukan jodoh yang akhirnya membunuh adiknya yang bernama Habil.

Begitulah sifat umum sebagian dari kita karena kebeningan jiwa dan tekad untuk terus memperbaiki diri tidak menyertai. Iri, dengki, dan segenap penyakit hati kerap menguasai, padahal itu sumber segala dosa.

Rasulullah SAW pun mengingatkan, "Tiga hal yang merupakan sumber segala dosa, hindarilah dan berhati-hatilah terhadap ketiganya. Hati-hati terhadap keangkuhan karena keangkuhan membuat Iblis enggan bersujud kepada Adam, dan hati-hatilah terhadap tamak (rakus) karena ketamakan mengantar Adam memakan buah terlarang, dan berhati-hatilah terhadap iri hati karena kedua anak Adam (Qabil dan Habil) salah seorang di antaranya membunuh saudaranya akibat dorongan iri hati," (HR Ibn Asakir melalui Ibn Mas'ud).

Sungguh sangat mudah menilai orang lain, namun untuk jujur tentang diri sendiri, sukar rasanya. Benteng penghalang bernama keangkuhan terlalu kokoh untuk dirobohkan. Rendah hati mengakui kekurangan dan kesalahan langka ditemukan.

Karena tiga penyakit hati itu pula, kita terlalu sibuk memperhatikan orang lain, lupa dan tak sadar tentang diri sendiri. Mengkritisi diri merupakan ciri kearifan, pembersih tempelan dosa di beningnya jiwa. Sungguh malang mereka yang sibuk menilai orang, menyalahkan dan menghakimi seolah dirinyalah yang paling benar. (Humas Polsek Pundong)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:11

0 komentar:

CB