Jelang Hari Raya Idul Fitri, Ratusan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa Dapatkan Zakat Mal

Posted by Humas Polresbantuldiy on 02:30

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, sebuah keluarga asal Negara Singapura menyalurkan zakat fitrah dan zakat mal kepada ratusan kaum dhuafa dan anak yatim di wilayah Bantul. Penyaluran zakat dilaksanakan dalam kegiatan pengajian buka puasa bersama di salah satu kediaman keluarga almarhum H Jayusman di Pedukuhan Prancak Glondong, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Selasa (12/6/2018).

Mewakili keluarga alm H Jayusman, Agus Budi Raharjo, mengungkapkan, penyaluran zakat ini sudah diberikan sejak sepuluh tahun terakhir. Adapun sumber dana dalam kegiatan ini berasal dari keluarga besar alm H Jayusman yang sudah lama bermukim di Singapura. Adapun pada Idiul Fitri tahun ini, zakat yang disalurkan senilai sekitar Rp 80 juta.

Ini sudah rutin sekitar sepuluh tahun lebih, kami selalu mendapatkan sumber dana dari saudara kami yang berada di Singapura (keluarga alm H Jayusman), yang merupakan mbah paman saya. Sejarahnya dulu ikut romusha dan akhirnya terdampar di Negara Singapura. Alhamdulillah kehidupan semakin membaik dan dapat memberikan perhatian kepada warga di sekitar kami,” jelas Agus.

Ia mengatakan, zakat diberikan kepada sebanyak 430 orang warga dari kalangan dhuafa di Padukuhan Prancak Glongdong dan sekitarnya serta anak yatim dari Himatu (himpunan anak yatim piatu) Bantul. Zakat diberikan dalam bentuk sembako (beras, gula pasir, minyak goring dan mie instan) dan uang santunan masing-masing senilai Rp 100 ribu. Ia berharap, zakat ini dapat meringankan beban kehidupan warga yang menerima dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Salah satu warga penerima zakat, Suratno, mengaku sangat senang dengan penyaluran zakat oleh keluarga alm H Jayusman tersebut. menurutnya, pada saat menjelang Lebaran ini harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, sehingga dengan adanya penyaluran zakat ini ia bersama keluarga merasa terbantu.

Senang sekali ya. Saya kan orang kurang mampu, bisa untuk kebutuhan sehari-hari dan sebentar lagi kan Lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kegiatan pengajian dan buka bersama ini sendiri menghadirkan penceramah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bantul, KH Abdul Kholiq Syifa. Dalam tausiahnya, ia berharap masyarakat dapat menggunakan bantuan zakat dengan sebaik-baiknya. Dalam bulan Ramadan ini masyarakat juga diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah dan amal kebaikan. Kegiatan penyaluran zakat diakhiri dengan doa dan buka bersama hingga berakhir dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan dari personil Polsek Sewon. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB