Kerukunan Lintas Agama Wujudkan Pembangunan Bambanglipuro Yang Lebih Maju

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:14

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH menghadiri acara Dialog Lintas Agama di Balai  Kecamatan Bambanglipuro,  Sabtu (9/6/2018)siang.

Kegiatan tersebut diselenggarakan  oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bambanglipuro bertujuan untuk membangun Bambanglipuro dalam Kebhinekaan demi terwujudnya kerukunan umat beragama. Melalui dialog diharapkan toleransi beragama dan keberagaman semakin terjaga, khususnya di Bambanglipuro.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Kakanwil Kemenag Provinsi DIY Drs HM Lutfi Hamid, M.Ag, Kepala kantor Kemenag Kabupaten Bantul Drs Buchori Muslim, M.Pdi, Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.sos M.Si, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH, Lurah se Kecamatan Bambanglipuro, para pengurus FKUB Bambanglipuro, Bahabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto, para Toga, Tomas dan Toda sekitar 30 orang.

Camat Bambanglipuro dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah hadir dalam acara ini dan selama ini Bambanglipuro dijadikan pilot projects percontohan dalam kerukunan antar umat beragama. Seperti contoh saat hari - hari besar seperti Natal ataupun Paskah jumlah jemaat yang datang dari berbagai daerah hingga luar DIY. Mereka datang untuk beribadah ataupun ziarah ke candi yang berada satu komplek dengan Gereja.

Di Bambanglipuro juga banyak terdapat masjid dan Musholla untuk beribadah umat muslim, serta ada gereja Kristen Jawa (GKJ) Sidomulyo untuk beribadah umat Kristen Protestan."Kendati kita terdiri dari beragam atama, namun semua mampu hidup berdampingan secara damai dan rukun.Selama ini relatif tidak ada gejolak berarti di Kecamatan Bambanglipuro," kata Julius Suharta S.Sos.

Kepala kantor Kemenag Kabupaten Bantul Drs Buchori Muslim dalam sambutannya mengatakan bahwa Kerukunan merupakan modal utama dalam membangun wilayah selain itu tentunya unsur keamanan dan ketertiban yang stabil. Kerjasama lintas sektoral untuk menjaga keamanan wilayah sangatlah diperlukan." Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk menguatkan persatuan dan kerukunan adalah mengembangkan gotong royong dan melestarikannya ditengah masyarakat," kata Drs Buchori Muslim.

Kakanwil Kemenag Provinsi DIY Drs HM Lutfi Hamid  dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada masyarakat Bambanglipuro yang heterogen bisa menunjukkan kedewasaan sehingga semua bisa berdampingan dengan rukun dan damai." Kecamatan, unsur Muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga Bambanglipuro sendiri bisa menjadi contoh cara membangun kerukunan umat beragama.Kami apresiasi yang tinggi terhadap Bambanglipuro," kata Drs HM Lutfi Hamid.

Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH dalam  sambutannya menyampaikan bahwa masalah intoleransi di Bambanglipuro selama ini dapat diselesaikan dengan baik. Sejauh ini tidak pernah terjadi masalah intoleransi hingga meruncing.Dalam hal ini pihak kepolisian melakukan koordinasi dengan baik dengan elemen masyarakat, intinya ketika terjadi masalah yang mengarah intoleransi maka langkah pertama adalah dengan melakukan pendekatan dan dialog."Pendekatan penting agar tidak terjadi konflik," kata AKP Wahyu Sudadi SH. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:14

0 komentar:

CB