Lomba Kamling Kapolri Cup Di Pos Kamling Mayongan Trimurti Srandakan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:23

Bertempat di Pos Kamling Mayongan Trimurti Srandakan telah berlangsung penilaian pos kamling oleh tim Yuri dari Direktorat Binmas Polda DIY dalam rangka lomba Kamling Kapolri Cup. Minggu, 10 Juni 2018 dimulai pada pukul 21.00 Wib.

Kehadiran rombongan tim yuri disambut dengan berbagai macam kesenian yang ada di Mayongan antara lain, reog dan angklung. Dalam sambutanya, Kepala Desa Trimurti Bapak Agus Purwaka, ST mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim yuri dari Polda DIY.

Kemudian Kades Trimurti memberi sedikit gambaran geografis dan sedikit profil Desa Trimurti pada umumnya dan Kampung Mayongan pada khususnya. Secara umum wilayah Trimurti adalah wilayah Karangkopek yaitu wilayah yang tidak mempunyai lahan persawahan sehingga secara umum mata pencaharian masyarakat adalah di sektor home industri, perdagangan dan jasa.

Sementara dalam kesiap siagaan warga dalam kegiatan ketentraman dan ketertiban masyarakat masyarakat Kampung Mayongan sudah teroganisir dengan baik akan tetapi masyarakat tetap meminta kritikan, arahan dan bimbingannya sehingga dapat meningkatkan kegiatan dalam sektor keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam sambutanya Kapolres Bantul menyampaikan marilah kita patut bersyukur bahwa kampung Mayongan ini mewakili Kabupaten Bantul dalam lomba Kamling Kapolri Cup.

Dalam hal teknis penilaian nanti sudah diserahkan kepada tim penilai dari Polda DIY. Disamping itu Pos Kamling bukan hanya untuk lomba akan tetapi harus bisa berfungsi secara maksimal dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat kampung Mayongan.

Adapun dalam penilaiannya, Tim yuri mengecek pos kamling tentang data, kebersihan, sarana dan prasarana dan peralatan apa saja yang ada di Pos Kamling. Selanjutnya tanya jawab dengan anggota Pos Kamling tentang Siskamling.

Acara selanjutnya mensimulasikan aktivitas ronda, seakan akan pada waktu ronda tersebut ada kejadian penangkapan pencuri ayam dan kejadian Kebakaran rumah milik salah satu warga.

Dalam simulasi kejadian kejadian tersebut diatraksikan oleh warga Mayongan bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas Trimurti Brigadir Eko Rustamaji, serta pihak Polsek Srandakan.

Dalam sambutanya Ketua Tim Yuri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara tersebut. Untuk lomba kamling ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Untuk tahun ini lomba sampai level nasional yaitu Kapolri Cup dimana sebelumnya hanya sampai tingkat Polda/Provinsi. Hal ini dikarenakan Bapak Kapolri ingin memberikan sebuah penghargaan kepada masyarakat yang memang aktif dalam menjaga ketentraman keamanan dan ketertiban melalui kegiatan Kamling.

Adapun ada beberapa masukan untuk pos kamling Mayongan dari tim yuri yaitu Aktifkan Pos Ronda dalam kehidupan sehari hari guna menangkal segala macam ancaman. Gunakan Pos Ronda untuk pusat informasi. Untuk gambaran olah TKP sudah bagus.

Kemampuan memukul kentongan harus ditingkatkan, bahwa dalam setiap jam kentongan dipukul sesuai jumlah jam nya, dengan cara dua dua bila ganjil sisanya satu pukulan. Agar dibuat daftar jaga dan pembagian tugas.

Secara keseluruhan selaku tim yuri salut dan sangat mengapresiasi kepada Pos Kamling Mayongan. Mudah mudahan bisa mewakili DIY dalam lomba Kamling Kapolri Cup.

Acara dihadiri oleh Kapolres Bantul AKBP Sahat M. Hasibuan, SIK., M.H, Ketua Tim yuri Kasubdit Binpolmas Direktorat Binmas Polda DIY Kompol Fajar Rini, SH., S.I.K beserta rombongan, Kapolsek Srandakan Kompol Slamet, KBO Sat Binmas Polres Bantul IPTU Dedi Tunandi beserta Staf, Panit Binmas Polsek Srandakan IPTU Wahono dan IPTU Isnen, Kasi Trantib Kecamatan Srandakan Bpk. Hendro cahyono, Kepala Desa Trimurti bapak Agus Purwaka, ST, Wakil dari Danramil Srandakan Serka Solikhin, Dukuh Celan bapak Jamat dan ratusan warga dari unsur masyarakat baik toga, tomas wilayah Mayongan serta tamu undangan.

Seluruh rangkaian acara penilaian Tim yuri Direktorat Binmas Polda DIY tersebut berakhir pada pukul 23.15  wib dalam keadaan aman dan kondusif. (Humas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:23

0 komentar:

CB