Polres Bantul Dirikan Check Points Bagi Kendaraan Yang Akan Melewati Jalur Cinomati

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:37

Kepolisian Resor Bantul mendirikan pos pemeriksaan atau check points bagi kendaraan yang akan melewati jalur tanjakan Cinomati, Desa Wonolelo, Kecamatan Pleret. Pos tersebut untuk memeriksa kelayakan kendaraan yang bakal naik ke jalur yang memiliki kemiringan 45 derajat tersebut.

Kabang Ops Polres Bantul, Kompol Jan Benyamin mengatakan, didirikannya pos check points tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya kecelakaan di jalur yang menghubungkan Kecamatan Pleret dengan Kecamatan Dlingo. Berdasarkan evaluasi tahun-tahun sebelumnya, jalur tersebut merupakan titik rawan kecelakaan.

Oleh karenanya, apabila nanti ditemukan kendaraan yang tidak layak, polisi tidak akan memberikan toleransi untuk naik ke jalur maut tersebut. Kendaraan akan diisolasi di Pos pemeriksaan.

"Sangat membahayakan karena kontur jalan (Cinomati) dari evaluasi tahun lalu, banyak kendaraan yang melorot," ujarnya, Senin (11/06/2018).

Untuk mengantisipasi adanya kendaraan pribadi yang tetap nekat melintasi jalur Cinomati, polisi membuat tim bersama dengan berbagai komunitas relawan di Bantul yang tergabung dalam Tim Ganjal. Mereka secara sukarela standby untuk membantu kendaraan yang sewaktu-waktu tidak kuat menanjak.

"Kendaraan yang akan naik kita periksa dulu, layak atau tidak naik. Kalau tidak layak kendaraan akan diisolasi di Pos pemeriksaan" tandasnya.

Selain itu, polisi juga telah menyiapkan beberapa pengemudi handal yang akan membantu pengendera mobil melintasi jalur tersebut. Pengemudi yang dipersiapkan merupakan yang telah mengetahui seluk-beluk kontur tanjakan Cinomati.

Sementara itu untuk kendaraan jenis bus, truk, kendaraan terbuka maupun kereta kelinci, dihimbau agar tidak melewati jalur Cinomati. Kabag ops Polres Bantul menyarankan yang menuju Mangunan, Dlingo mengambil jalur Patuk, Gunungkidul.

"Kita imbau untuk tidak melewati jalur Cinomati. Kita akan melakukan pendekatan persuasif jika masih ada yang tidak mengindahkan imbauan kita," tandasnya. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:37

0 komentar:

CB