Sosialisasi Dan Sarasehan WBTB Di Pendopo Balai Desa Pleret

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:32

Tahun lalu sebanyak 18 warisan budaya DIY ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Nasional tahun 2017 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Jumlah tersebut menjadi pencapaian terbanyak dibanding dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Warisan budaya tak benda merupakan warisan budaya yang tak bisa diindera dengan mata dan tangan, namun jelas-jelas ada di sekitar kita.

Bertempat di Pendopo Balai Desa Pleret, Dinas Kebudayaan DIY kembali menggelar acara sosialisasi dan sarasehan tentang Warisan Budaya Tak Benda dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Purwadi (Pakar Kebudayaan DIY) dan Damami (Dosen UIN SUKA Yogyakarta sekaligus Dewan Kebudayaan DIY), Jumat (29/6/2018) malam.

Hadir pula dalam acara tersebut antara lain Camat Pleret M. Alwi SH MH, Lurah Desa Pleret H. Nurman Affandi dan Pamong Desa, Bhabinkamtibmas Desa Pleret Bripka Rofiq serta perwakilan warga masyarakat Pleret.

Dalam sambutannya Camat Pleret sangat berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY yang telah memberikan kepercayaan kepada Kecamatan Pleret sebagai tempat untuk menggelar setiap event kebudayaan.

"Agar event seperti ini dapat dijadikan kegiatan yang berkelanjutan, supaya budaya di Pleret tidak hilang sekaligus untuk mengenalkan Pleret sebagai desa wisata budaya kepada wisatawan asing", kata Camat Pleret.

Oleh karena itu diharapkan dari Dinas Kebudayaan agar memberikan masukan maupun motivasi kepada masyarakat Pleret agar lebih bisa melestarikan warisan budaya yang ada di wilayah Pleret ini.

Sementara itu Purwadi (Pakar Kebudayaan DIY) pada acara malam itu menyampaikan, bahwa akan diselenggarakan perayaan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) provinsi DIY pada tanggal 7-9 September 2018 dan Desa Pleret ditunjuk sebagai tuan rumah, sebab di Desa Pleret ini cukup banyak terdapat situs-situs budaya yang saling berhubungan satu sama lain.

Harapannya dengan adanya perayaan WBTB, semoga akan meningkatkan kemakmuran di Pleret, baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:32

0 komentar:

CB