Sosialisasi Kegiatan Pembersihan Pantai Untuk Menjaga Lingkungan Pesisir Pantai di Aula Balaidesa Srigading

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:37

Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah DIY menyelenggarakan Sosialisasi Kegiatan  Pembersihan Pantai Untuk Menjaga Lingkungan Pesisir Pantai di Aula Balaidesa Srigading, Sanden, Bantul, Senin (25/06/2018) jam 09.30 WIB.

Giat sosialisasi dihadiri Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan BLH DIY Drs. Y Agus Setianto, Kasubid Pengendalian Pencemaran Air, tanah dan B3 Ir. Reni anggraeni, M.Sc, perwakilan DLH Bantul, BPBD Bantul, Sat Pol PP Bantul, Muspika Sanden, Lurah Desa Srigading, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi, FPRB, Pokdarwis, Kelompok Tani, Kelompok Nelayan dan Instansi terkait.

Carik Desa Srigading mengatakan, giat ini merupakan tindak lanjut work shop terkait rencana penataan lingkungan pantai. Desa Srigading sudah mempunyai program dalam menangani sampah / kebersihan lingkungan di pesisir pantai mengingat wilayah Srigading terbelah oleh sungai winongo kecil.

Untuk menanggulangi masalah sampah, Desa sudah membuat bank sampah untuk mengolah sampah utamanya plastik menjadi produk yang bermanfaat. Penanganan sampah tidak hanya ditunjang oleh sararan dan prasarana saja tetapi juga perlu mengubah pola hidup masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai namun mengelolanya agar tidak mencemari lingkungan bahkan bisa menambah penghasilan.

Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan BLH DIY Drs. Y Agus Setianto menjelaskan kegiatan pembersihan lingkungan pantai dilaksanakan dalam rangka pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Awalnya ada kegiatan merti kali yaitu menangani sampah domestik di sungai, namun dalam perkembangannya kawasannpantai juga terlihat kotor dari sampah sehingga mulai tahun ini diadakan kegiatan bersih pantai dari sampah domestik.

Banyak manfaat yang diperoleh dengan giat bersih pantai, diantaranya kawasan akan menjadi lebih bersih sehingga para wisatawan akan merasa nyaman yang nantinya akan menambah jumlah wisatawan dan pada akhirnya bisa menambah pendapatan bagi negara dari sektor pariwisata. Selain itu, program ini juga untuk mencegah pencemaran air laut dan kerusakan lingkungan akibat sampah sehingga kualitas ekosistem laut tetap terjaga dengan baik serta membudayakan masyarakat sadar lingkungan dalam mempertahankan potensi laut dan pantai, ujar Drs. Y. Agus Setianto.

Sementara itu, Kasubid Pengendalian Pencemaran Air, tanah dan B3 Ir. Reni anggraeni, M.Sc dalam kesempatannya menjelaskan tentang teknis pelaksanaan kegiatan bersih pantai. Rencana pelaksanaan bersih pantai pada tahun ini akan dilaksanakan sebanyak 7 kali dengan sasaran Baros, Laguna Pengklik dan Pantai Samas. Kegiatan bersih pantai akan dimulai pada Bulan Juli 2018. Harapannya semua pihak yang terlibat dapat bekerjasama dengan baik, ujar Ir. Reni. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:37

0 komentar:

CB