Sosialisasi Pembangunan Pendopo Budaya Dusun Guwo Triwidadi

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:00

Telah berlangsung giat sosialisasi pembuatan sarana dan prasarana Pariwisata oleh Dinas Pariwisata DIY di rumah Kepala Dukuh Guwo Bpk. Mukiyo Dusun Guwo RT 02 Desa Triwidadi Pajangan Bantul, Kamis malam (31/5/2018).

Acara dihadiri Anggota DPRD DIY Komisi B Bpk. Joko Purnomo, Kabid Destibasi Dinas Pariwisata DIY Ir. Arya Nugrahadi, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Anggota Polsek Pajangan, Dukuh Guwo Mukiyo, Ketua Desa Budaya Supardal, Pamong, Dukuh, Ketua Karang Taruna Triwidadi Muklis, BPD Dusun Guwo dan Nanggul dan tokoh masyarakat Dusun Guwo.

Lurah Triwidadi Slamet Riyanto mengatakan Bukit Guwo dan Guwo angin-angin di Dusun Guwo Triwidadi berpotensi untuk pengembangan pariwisata sebagai kampung dan outbond. Adanya pariwisata berkaitan dengan perkembangan ekonomi, sektor kerajinan, kuliner, penginapan dan lainnya. Masyarakat Guwo dan sekitarnya kita harapkan dapat menangkap peluang pengembangan pariwisata ini dan mendukungnya, katanya.

DPRD DIY Bpk Joko Purnomo dalam sambutannya mengatakan, kita ada program pengembangan sarana dan prasarana Pariwisata dan kita lakukan pengembangan di Dusun guwo Desa Triwidadi. Selain Guwo kita bersama Desa dan Karang Taruna juga meninjau di Dusun Plambongan yang saat sedang di bangun Bendung Kamijoro yang nantinya kita akan kembangkan untuk Pariwisata. Sosialisasi ini hukumnya wajib agar masyarakat bisa memberikan masukan ke Dinas dan pembangunan nantinya tidak ada permasalahan. Harapan kami adanya pembangunan ini di dukung oleh masyarakat sehingga bisa bermanfaat. Selain permasalahan Pariwisata kita akan akomodir permasalahan dan keinginan-keinginan dari masyarakat baik dibbidang pertanian, perijinan dan lainnya yang berkaitan dengan Komisi saya, ujarnya.

Ir Arya Nugrahadi Kabid Destinasi Wisata DIY menjelaskan, di Asia Pasifik, sektor pariwisata dapat menggerakan perekonomian dan penghasil devisa negara selain migas, perokonomian negara juga perekonomian masyarakat. Desa Wisata Nglanggeran saat ini ditetapkan sebagai Desa Wisata terbaik di Asia Tenggara. Nglanggeran 6 tahun yang lalu sebagai pemasok tenaga kerja keluar negeri. Namun sekarang berubah menjadi Desa Wisata yang diperhitungkan. Dalam pengembangan Pariwisata pertama kali harus dibentuk kelembagaan/organisasi yang digerakkan oleh beberapa orang berkomitmen untuk mengembangkan Pariwisata. Pariwisata adalah bisnis jaringan, sehingga diperlukan kerjasama dengan paket wisata lainnya. Setelah terbentuk lembaga lalu dilakukan registrasi ke Dinas Pariwisata. Sosialisasi ini untuk awalan pembuatan pendopo yg akan digunakan masyarakat untuk acara Nguras Sendang angin-angin dan Gerebeg Mulut juga acara lainnya. Harapan kami bangunan nantinya menjadi stimulan untuk menggerakkan masyarakat di sektor Pariwisata Dusun Guwo dan Desa Triwidadi, ujarnya.

Dalam acara ini dilakukan tanya jawab baik sektor pariwisata maupun permasalahan lain di Masyarakat Dusun Guwo dan Desa Triwidadi. Acara sosialisasi berakhir sekira jam 23.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Humas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:00

0 komentar:

CB