Sosialisasi Penerapan Pengendalian Hama Tanaman Kedelai Di Balai Budaya Kayu Ayu Dusun Jetis

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:52

Kapolsek Srandakan yang diwakili Bhabinkantibmas desa Trimurti Srandakan Brigadir Eko Rustamaji hadiri kegiatan pertemuan sosialisasi penerapan pengendalian hama tanaman kedelai dari Dinas pertanian Propinsi DIY  pada hari Selasa 26 Juni 2018 pukul 08.00 wib di balai budaya kayu ayu dusun Jetis desa Trimurti Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul.

Kegiatan tersebut dihadiri, Danramil diwakili Babinsa desa Trimurti Serka Sholikin, PO PT Propinsi DIY bpk.Ir.Haryadi  dan  Staf dinas pertanian Kabupaten Bantul, Mantri Tani Kecamatan Srandakan Lurah desa Trimurti yang diwakili staf desa serta Warga pok tani desa Trimurti Srandakan [ Sido Maju ] sekitar 20 orang.

Pada kesempatan tersebut dari dinas pertanian kabupaten Bantul menjelaskan bahwa dalam upaya untuk mengendalikan hama, petani sekarang masih bertumpu pada insektisida, karena cara-cara yang lain seperti penggunaan varietas tahan dan musuh alami belum banyak digunakan.

Pengendalian hama menggunakan insektisida sudah biasa di lakukan, tetapi kegagalan dalam menanggulangi hama masih sering terjadi. Penggunaan insektisida tanpa didasari pengetahuan bioekologi hama dan teknik aplikasi yang benar mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pengendalian, bahkan dapat menyebabkan terjadinya kasus resistensi dan resurjensi (Marwoto 1992).

Untuk mengurangi dampak negatif penggunaan pestisida tersebut, maka pengendalian hama secara konvensional (menggunakan pestisida) mulai ditinggalkan dan beralih pada pengendalian berdasarkan konsepsi pengelolaan hama terpadu (PHT).

Untung (1993) menyatakan bahwa PHT lebih mengutamakan pengendalian dengan memanfaatkan peran berbagai musuh alami hama. Musuh alami pada keseimbangan alam yang baik selalu berhasil mengendalikan populasi hama, tetap berada di bawah aras ekonomi. Oleh karena itu, dengan memberikan kesempatan kepada musuh alami untuk bekerja berarti dapat mengurangi penggunaan pestisida. Mengingat peran parasit dan predator dalam menekan populasi hama secara alami cukup penting, maka upaya konservasi musuh alami di lapang perlu lebih diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengetahui keberadaan hama dan musuh alami pada lahan tanaman kedelai yang menggunakan insektisida maupun tanpa insektisida.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi berakhir pada pukul 10.00 Wib berlangsung aman dan Kondusif. (Humas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:52

0 komentar:

CB