Tiga Pilar dari Babinsa, Babinkamtibmas dan Lurah menjadi Unsur Utama Antisipasi Terorisme

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:33

Tiga pilar yang terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dan lurah merupakan unsur utama upaya antisipasi adanya gerakan radikal dan terorisme di daerah. Karena ketiga unsur tersebut menguasai kondisi wilayah desa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Bantul AKBP. Sahat M Hasibuan saat menyampaikan paparannya pada acara Rapat Komperehensif Kabupaten Bantul menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 1439 H berlangsung di Ruang Mandhala Saba Gedung Induk Lantaui III Komplek Parasamya Bantul, Rabu (6/6).

"Untuk memantau dan penanggulangan adanya gerakan radikal dan terorisme tiga pilar tersebut sangatlah fital. Untuk itu kami mohon bapak dan ibu camat selalu berkoordinasi dengan tiga pilar tersebut agar tercipta kondisi wilayah dan masyarakat yang tertib, aman, dan kondusif sebagai antisipasi penanggulangan terorisme di Kabupaten Bantul ini," Kata Kapolres Bantul.

Diundang pada acara tersbut diantaranya jajaran Forkompimda Kabupaten Bantul, kepala OPD, camat dan lembaga lain yang terkait.

Sementara pada kesempatan tersebut Bupati Bantul Drs. H Suharsono dalam pengarahannya menyampaikan bahwa rapat ini merupakan persiapan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sebaik-baiknya dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri agar tercipta kondisi yang aman, tertib dan nyaman serta lancar.

Terutama ketersediaan sembako dan BBM harus cukup dan pendistribusiannya lancar, keamanan terutama di obyak wisata harus dipersiapkan secara matang, karena Bantul kaya akan tujuan wisata yang dapat dipastikan akan menjadi tujuan utama bagi masyarakat maupun para pemudik saat lebaran.

Sementara menurut Pj. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Drs. Kwintarto. MM bahwa di Bantul terdapat 11 titik penarikan retribusi yang cukup ramai pengunjung diantaranya tempat wisata sepanjang pantai selatan dan daerah tujuan wisata di daerah Imogiri dan Dlingo. Dengan ditambah atraksi wisata pada hari ketiga lebaran yaitu hari Sabtu, Minggu dan Senin di Pantai Kuwaru dan pantai Goa Cemara. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar masyarakat dapat terlayani dengan baik pula.

Pada kesempatan tersebut paparan mengahadapi lebaran terkait dengan kondisi ketersediaan sembako dan LPG disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Ir. Subiyanto Hadi, MM, sedangkan terkait dengan bidang perhubungan disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Aris Suharyanta S Sos. MM. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:33

0 komentar:

CB