Upacara Bendera Hari Lahirnya Pancasila Di Halaman Kecamatan Pandak

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:00

Personil Polsek Pandak melaksanakan upacara bendera hari lahirnya Pancasila di halaman Kecamatan Pandak, Bantul. Jumat (01/06/2018) jam 07.30 Wib.

Upacara diikuti oleh Camat Pandak Dra Sri Kayatun, Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud, Danramil Pandak Kapten Chb Rejo Mulyo, Kepala KUA Kecamatan Pandak Asrori SH, Kepala UPT Kecamatan Pandak Ali Suryansyah M.Pd, Personil TNI Polri, Pamong, dan Siswa-siswi Sekolah se Kecamatan Pandak.

Petugas upacara dari Koramil Pandak, dengan inspektur upacara Kapten Chb Rejo Mulyo, pemimpin upacara Sertu Agus dan perwira upacara Pelda Kasimin.

Sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Kapten Chb Rejo Mulyo mengucapkan Puji syukur  kepada  Tuhan Yang Maha Esa pada  pagi hari ini  kita dapat berkumpul  menyelenggarakan  Upacara Peringatan  Hari Lahir Pancasila  untuk  yang  pertama  kalinya. Upacara  ini  meneguhkan  komitmen  kita  agar lebih  mendalami, menghayati  dan mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan  hasil dari  satu  kesatuan  proses yang  dimulai  dengan  rumusan  Pancasila tanggal l Juni  1945 yang dipidatokan  lr. Sukarno,  Piagam  Jakarta tanggal  22  Juni 1945,  dan  rumusan  final  Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945. Adalah jiwa  besar para founding  fathers, para  ulama  dan pejuang  kemerdekaan  dari  seluruh  pelosok  Nusantara sehingga  kita  bisa  membangun kesepakatan  bangsa yang mempersatukan  kita

Kita  perlu  belajar  dari pengalaman buruk  negara  lain yang  dihantui  oleh  radikalisme,  konflik  sosial,  terorisme  dan perang  saudara.  Dengan  Pancasila dan  UUD  1945 dalam bingkai  NKRI dan  Bhinneka  Tunggal  lka,  kila bisa  terhindar dari  masalah  tersebut.  Kita  bisa  hidup  rukun  dan  bergotong royong untuk  memajukan negeri. Dengan Pancasila, lndonesia  adalah  harapan  dan  rujukan  masyarakat internasional  untuk  membangun  dunia  yang  damai,  adil dan makmur  di  tengah  kemajemukan.

Selama upacara berlangsung aman dan tertib. Selain mengikuti upacara Bendera hari lahirnya Pancasila, personil Polsek Pandak dipimpin Kanit Sabhara Iptu Nurdin juga melaksanakan pengamanan dan pengaturan lalu lintas. Pengaturan lalulintas yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menyebrangkan peserta upacara juga untuk membantu kelancaran di depan kecamatan Pandak yang merupakan jalan yang ramai lalu-lalang kendaraan. (Humas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:00

0 komentar:

CB