Bhabinkamtibmas Desa Jatimulyo Amankan Pentas Campursari Dalam Rangka Rasulan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:59

Bhabinkamtibmas Desa Jatimulyo Aipda Rubiyanta bersama Babinsa dan Linmas Desa Jatimulyo, mengamankan pentas musik campursari dalam rangka rasulan di Dusun Dodogan Rejosari dan Kedungdayak jatimulyo Dlingo Bantul, Rabu (4/7/2018) malam.

Rasulan adalah sebuah tradisi yang sudah berlangsung sejak lama bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Biasanya di tempat lain tradisi ini di sebut dengan tradisi merti dusun atau merti desa.

Rasulan diadakan setelah selesai melakukan panen dan merupakan acara yang diadakan oleh masyarakat sebagai ungkapan syukur atas panen yang diberikan oleh Sang Pemberi rejeki. Biasanya kegiatan rasulan ini diselenggarakan per pedukuhan/ dusun dengan waktu pelaksanaan yang berbeda- beda.

Banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka rasulan ini. Biasanya kegiatan ini di mulai dengan kegiatan bersih dusun dengan melakukan kerja bakti di sekitar lingkungan mereka.

Acara rasulan ini pun menjadi semakin semarak dengan berbagai pertunjukan yang di adakan seperti reog, jathilan, kethoprak, wayang, dan kegiatan pementasan kesenian yang rasulan jejak petualang piclain. Pada puncak acara rasulan ini di adakan semacam kirab mengelilingi dusun. Semua peserta kirab mengenakan aksesoris tradisional arasulan jejak petualang pictaupun sesuatu yang unik untuk di pertontonkan. (Humas Polsek Dlingo)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:59

0 komentar:

CB