Dirbinmas Polda DIY Berikan Penyuluhan Kenakalan Remaja di SMA Negeri 2 Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:12

Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto memberikan penyuluhan tentang Kenakalan Remaja di aula SMA Negeri 2 Bantul, Kamis (19/7/2018).

Penyuluhan diikuti oleh para wali murid kelas 10 SMA Negeri 2 Bantul berjumlah 263 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Bantul Kompol Paimun SH, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti SH, Kanit Binmas Polsek Bantul AKP Lukman Riyanto, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bantul, Anggota SSDP SMA 2 Bantul Aiptu Juwanto dan Aipda Sugiyanta.

Dalam materinya Dirbinmas menjelaskan, Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa. Menurutnya, kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja.

Dijelaskannya, ada banyak faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab kenakalan remaja. Diantaranya ada faktor internal dan eksternal. Faktor internal yakni dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Kebanyakan faktor internal ini meliputi orang tua yang broken home, kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tua . Sehingga itu menjadi alasan anak nakal karena untuk mendapatkan perhatian dari orang tua . Banyaknya kasus-kasus kenakalan remaja saat ini tidak mendapat perhatian dari masyarakat. Kebanyakan masyarakat saat ini acuh terhadap kasus-kasus kenakalan yang dilakukan remaja saat ini. Kurangnya kepedulian sosial dan tingkat individual yang tinggi membuat seseorang acuh terhadap lingkungan sekitar.

“Kami sangat mengharapkan kepada bapak ibu menjadi peran utama selaku orang tua dalam  mendidik dan pengawasan yang  kepada anak-anaknya dengan harapan  anak-anak kita bisa dapat lebih berprestasi dan putra-putri kita menjadi penerus orangtua sesuai yang kita harapkan, bapak ibu guru  hanya sebagai peran mendidik tingkat sekolah sehingga dalam pengawasan tetap bersama-sama,” jelasnya.

Diakhir arahannya, Dirbinmas berpesan agar jangan sampai pelajar menjadi pelaku tindak pidana atau pelajar menjadi korban tindak pidana. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:12

0 komentar:

CB