Evakuasi ODGJ Di Dusun Soragan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:52

Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kecamatan Kasihan yang terdiri dari Unsur Puskesmas Kasihan II, Polsek Kasihan dan Pemerintah Desa Ngestiharjo bekerja sama dengan TRC Dinas Sosial Kabupaten Bantul melaksanakan evakuasi ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yaitu KW (43) di Soragan RT 03, Ngestiharjo Kasihan Bantul, Jumat (13/07/2018) pagi.

Bahwa KW menderita ODGJ sejak lulus SMK pada tahun 1994 mengalami gangguan kejiwaan diagnose medis Skizofrenia. Pada awal sakit keluarga sudah mengupayakan pengobatan di Rs Swasta sebanyak 2 kali.

Namun semenjak kedua orang tua nya meninggal pengobatan berhenti. Saat tinggal dengan adiknya sering terjadi masalah menyakitinya sehingga adiknya memilih tinggal ditempat lain dan mengurung sang kakak didalam rumahnya.

Semenjak terjadi gempa bumi di Yogyakarta rumah pun menjadi rusak dan tidak layak huni. Karena tiada yang merawat KW yang pada awalnya dipasung menjadi terlantar.

Evakuasi dihadiri wakil pemerintah desa Ngestiharjo bapak Dedy Ridwanmas carik desa Bhabinkamtibmas Bripka Budi Sunaryo, SH dan Ka SPK Ipda Ramli PP, Brigadir  Darmanto, dan Panit Sabhara Aiptu Supartono , Kader Gelimasjiwo dan Pelaksana program Kesehatan Jiwa Puskesmas Kasihan II Siti Mulyani, serta TRC Dinsos Bantul di Pimpin Bpk Junaidi evakuasi berlangsung sejak jam 06.30 dibantu perangkat dan  warga setempat telah berhasil mengirim ODGJ menuju RSJ Grhasia untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Disaat yang sama selanjutnya petugas langsung menuju dusun Cungkuk Desa Ngestiharjo juga melakukan rujukan pada ODGJ yang mengalami agitasi (gaduh gelisah) pada Bp S umur 65 tahun yang selalu berteriak teriak dan mengancam karena sudah lama tidak berobat. Bersama keluarga dilakukan pengamanan untuk selanjutnya di kirim ke RSJ Grhasia. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:52

0 komentar:

CB