Kapolsek Pandak Menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Di Dusun Gunturan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:05

Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud menghadiri pagelaran wayang kulit dalam rangka tasyakuran Merti Dusun di rumah Bapak Triyanto yang beralamat dusun Gunturan Rt 2 Triharjo, Pandak, Bantul. Jumat (13/07/2018) jam 20.00 Wib. Wayang kulit digelar dengan dalang Ki Seno Nugroho mengambil lakon Dumadine Pari Medun Neng Murkopodo (Mikukuhan).

Kegiatan mengambil tema "Manunggaling Karso Anjalari Guyup Rukun Wargo, Guyup Rukun Wargo Gawe Santosabing Projo" dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kab Bantul Bp Sunarto SH MM, Camat Pandak diwakili Kasikemas Bapak Subiantoro, Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud, Bhabinkamtibmas desa Triharjo Bripka Subawa SH, Kepala Pedukuhan Gunturan Bapak Burhanudin Nuryanto, Tomas dan warga masyarakat sekitar 300 orang.

Pagelaran Wayang kulit tersebut merupakan puncak acara dari Merti Dusun yang dimana sebelumnya tadi siang sudah berlangsung kegiatan kenduri dan kirap jodang. Merti dusun di Dusun Gunturan sudah merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya bertujuan untuk memelihara kebudayaan dan sebagai wujud syukur atas segala nikmat yang telah di berikan oleh Alllah SWT di antaranya berupa hasil bumi yang melimpah.

Sambutan dari Kepala Dinas Kabupaten Bantul Sunarto SH., MM. Kami mengucapkan terima terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan merti dusun yang diisi dengan gerakan-gerakan sosial dan pagelaran budaya dan terimakasih kepada warga yang telah memelihara salah satu kebudayaan kita dan semoga wayang kulit ini bisa menjadi hiburan.

Kami himbau kepada para generasi muda agar tidak lupa dan mau mencintai dan memelihara salah satu kebudayaan ini. Kita patut bangga karena Di Kabupaten Bantul ada 1200 kelompok seni budaya dan itu merupakan bukti bahwa Kabupaten Bantul merupakan pusatnya kebudayaan.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pandak melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:05

0 komentar:

CB