Kapolsek Sanden Hadiri Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:04

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019 Untuk Stakeholder di Aula Kecamatan Sanden, Senin (02/07/2018) jam 13.00 WIB.

Sosialisasi diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan Sanden dan dihadiri  Ketua PPK Kecamatan Sanden Drs. Kasiran, Camat Sanden, Kapolsek Sanden, Batuud Koramil Sanden, Sekcam, Panwascam, Ketua PPS se-Sanden, Lurah Desa, BPD, perwakilan Parpol Peserta Pemilu, Perwakilan pemilih Disabilitas, Lansia, Pemilih baru, Ormas, dan Pemilih pemula.

Sekcam Rudi Suharto, SIP, MM mengatakan bahwa persiapan Pemilu 2019 sudah dilaksanakan berbagai pentahapan yang dilakukan PPK maupun PPS dan juga sudah dilaksanakan rapat pleno hasil pemutakhiran data. Pemilu 2019 tidak hanya memilih calon anggota DPR RI, DPD, DPR Propinsi dan DPRD Kabupaten tetapi juga memilih calon Presiden dan Wakil Presiden. Dalam sosialisasi ini, apabila ada sesuatu yang belum tahu bisa di tanyakan utamanya bagi para pemilih pemula, ujar Rudi.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi yang disampaikan oleh Ketua PPK Sanden Drs. Kasiran. Dijelaskan, Pemilu akan dilaksanakan serentak dalam satu hari untuk memilih calon anggota DPR RI, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta Presiden dan Wakil Presiden pada hari Rabu 17 April 2019. Pemilih yang terdaftar pada DPT di TPS yang bersangkutan akan mendapatkan lima surat suara. Proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pertama kali ada di tingkat PPK (Kecamatan).

Syarat pemilih adalah WNI yang pada hari pemungutan suara genap berumur 17 tahun atau lebih, sudah kawin atau sudah pernah kawin. Untuk dapat menggunakan hak pilih, WNI harus terdaftar sebagai pemilih kecuali yang ditentukan lain dalam Undang-undang. Pemilih didaftar satu kali oleh KPU dalam Daftar Pemilih, apabila pemilih terdaftar dilebih dari satu tempat tinggal, pemilih dimaksud didaftar sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KTP-El atau surat keterangan, jelasnya.

Ada tiga jenis Daftar Pemilih yaitu Daftar Pemilih Tetap/DPT, Daftar Pemilih Tambahan/DPTb dan Daftar Pemilih Kusus/DPK. Pemilu 2019 di Kecamatan Sanden akan diikuti 16 Parpol. Jumlah TPS sebanyak 129 TPS dengan rincian Desa Srigading 40 TPS, Murtigading 34 TPS, Gadingsari 40 TPS dan Gadingharjo 15 TPS. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:04

0 komentar:

CB