Panit I Unit Lalulintas Polsek Sewon Berikan Penyuluhan Etika Berlalu Lintas Kepada Siswa Baru SMP Negeri 4 Sewon

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:21

Panit I Unit Lalulintas Polsek Sewon Iptu Kartiman memberikan penyuluhan dengan materi  Etika Berlalu Lintas kepada 128 siswa baru SMP Negeri 4 Sewon yang sedang mengikuti Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Rabu (18/7/2018).

Di tempat terpisah Iptu Kartiman menjelaskan kepada humas polsek sewon, edukasi mengenai etika berlalu lintas sangat penting diberikan kepada anak sejak dini termasuk kepada pelajar.

"Tidak hanya orang dewasa, sejak kecil anak juga harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berlalu lintas sehingga bisa tertanam sampai ia besar nanti," ujar Iptu Kartiman.

Karena itulah, kata Iptu Kartiman pihaknya aktif memberikan edukasi mengenai lalu lintas kepada para pelajar diwilayah hukum Polsek Sewon khususnya dan Polres Bantul pada umumnya.

Panit 1 Lalulintas Polsek Sewon ini menjelaskan, anak diberikan sejumlah pengetahuan dasar  mengenai "Etika Berlalu Lintas".

Edukasi itu, lanjutnya, termasuk dijalan raya, etika berjalan kaki, juga etika saat berkendara dengan sepeda, sepeda motor, mobil, dan angkutan umum serta pengetahuan bahaya kepada setiap pengendara apabila melanggar peraturan berlalu lintas.

Penyampaian interaktif dan penayangan  Kecelakaan Lalu Lintas membuat para pelajar lebih mudah menyimak bahasan materi yang disampaikan secara audio visual.

Pada kesempatan itu peserta yang mengikuti MPLS diperkenalkan dengan rambu-rambu yang ada di jalan, dan diperlihatkan contoh contoh petugas Polantas memberikan cara mengatur lalu lintas.

Iptu Kartiman mewanti-wanti para pelajar untuk tidak mengendarai sepeda motor di jalan raya sebelum memiliki surat izin mengemudi (SIM).

"Pengendara wajib punya SIM dan mampu mengemudi dengan baik. Sebab, tidak sedikit kecelakaan dialami oleh anak anak usia remaja di bawah umur yang tidak memiliki SIM," tutur Iptu Kartiman seraya mengingatkan untuk selalu berhati-hati di jalan dan tak lupa berdoa sebelum bepergian kemanapun.

Pada kesempatan tersebut Iptu Kartiman mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak sekolah dalam hal ini SMP Negeri 4 Sewon, dimana telah di beri kesempatan untuk memberikan pembinaan terhadap siswa siswi baru dengan materi  Etika Berlalu Lintas. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut mampu memberikan dampak yang positif bagi siswa, dan setelah kegiatan ini diharapkan semua siswa bisa menjadi pelopor etika berlalu lintas yang baik dan benar dijalan sehingga bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas tandasnya. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:21

0 komentar:

CB