Pengamanan Halal Bi Halal Keluarga Besar Desa Pendowoharjo 1439 H

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:30

Tradisi Syawalan selalu diikuti dengan kegiatan Halal Bi Halal. Hanya ada satu di Indonesia. Budaya ini terus berkembang karena dianggap bernilai positif oleh kalangan masyarakat. Konon katanya, dulu pencetusnya adalah Bung Karno yang waktu itu situasi politik nasional sedang memanas. Oleh karena itulah, dimunculkan gagasan Halal bi Halal untuk mendinginkan suasana politik yang terjadi kala itu agar semua unsur masyarakat dari segala usia, organisasi, partai atau golongan dapat berkumpul menjadi satu guyub rukun kembali.

Momentum syawalan 1439 H ini disambut positif oleh Pemerintah Desa Pendowoharjo dari tahun ke tahun selepas bulan Ramadhan. Gelaran Halal Bi Halal diadakan pada Rabu malam (4/7/2018) bertempat di Gedung Manggolo Manis Desa Pendowoharjo. Acara malam itu dikemas cukup menarik. Diawali dengan pra acara hiburan hadroh Taswiqul Qulub, Pulutan Pendowoharjo yang tahun kemarin sempat menjuarai festival hadroh tingkat desa. Merdunya alunan musik hadroh membuat semarak dan meriah acara maaf-maafan malam hari itu. Di tengah-tengah acara juga diberikan santunan anak yatim piatu dan keluarga miskin serta penghargaan bagi anak yang berprestasi di sekolahnya. Sesudahnya dilanjutkan acara pengajian bersama Ustadz Joko Wahono dari Caturtunggal, Sleman.

Senada dengan hal tersebut, dalam sambutannya Lurah Desa Pendowoharjo, H. Hilmi Hakimudin, S.Pd.I. mengungkapkan kegembiraannya, acara Halal Bi Halal kali ini bisa berjalan lancar dan tamu undangan beserta masyarakat penuh memadati ruangan balai desa. Kemudian disambung dengan ikrar syawalan yang diikuti oleh segenap jajaran Muspika, Pamong Desa, BPD, Lembaga Masyarakat Desa, dan segenap tamu undangan yang hadir di dalamnya.

Sekcam Sewon, Anton Yulianto juga berkesempatan hadir dan mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Di sela-sela sambutannya, beliau juga mengajak agar Pemerintah Desa selalu menggandeng masyarakat dalam mewujudkan pambangunan Desa yang partisipatif dan inovatif. Hal ini adalah untuk mendukung program Smart City, Smart Distrik hingga Smart Village yang digalakkan oleh Pemda Bantul. Di akhir acara, Lurah Desa Pendowoharjo juga menghimbau dan memohon dukungan kepada semua masyarakat bahwa tahun ini SMK N 1 Sewon yang bertempat di Pulutan Pendowoharjo akan mewakili sekolah sehat tingkat nasional dan Desa Pendowoharjo juga sudah bisa ditemukan dalam genggaman smartphone lewat aplikasi Siades PRIMA yang ada di Playstore, rencananya besok akan diikutkan dalam ajang Festival TI dan Inovasi Desa di Kabupaten. Harapannya, semoga berjalan lancar dan sukses membawa hasil yang terbaik bagi Pendowoharjo dan Kabupaten Bantul.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:30

0 komentar:

CB