Pengamanan Kirab Budaya Merti Dusun Glodogan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:31

Dalam rangka Merti Dusun atau tradisi Majemukan, warga di dusun Glodogan Sidomulyo Bambanglipuro menggelar kegiatan Kirab Budaya, Selasa (24/7/2018) Pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Camat Bambanglipuro Julius Suharta S.Sos M.Si, Kapolsek Bambanglipuro AKP Sudadi SH, Danramil Bambanglipuro Kapten CBA Mardiyono, Bhabinkamtibmas Sidomulyo Aipda Siswanto, Dukuh Glodogan Joko Dwiyono serta tokoh masyarakat setempat dan ratusan warga.

Kegiatan ini dikuti peserta kirab sebanyak lima kelompok dari masing – masing RT, kirab budaya juga diikuti bregodo prajurit dan kelompok kesenian reog wayang orang dari pemuda setempat.

Kalau pada kegiatan Merti Dusun sebelumnya hanya di gelar dengan kenduri bersama dan pementasan wayang kulit, sekarang ada kirab gunungan masih ditambah lagi dengan bregodo prajurit dan kesenian Reog. Gunungan tersebut berisi berbagai hasil bumi dan buah – buahan diarak bersama ratusan warga mengelilingi kampung dengan pengawalan mobil patroli dari Polsek Bambanglipuro darin Start hingga Finish.

Merti Dusun yang di gelar ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dan sebagai wadah untuk menjaga kerukunan warganya.Intinya Merti Dusun ini sebagai doa dan permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa batas limpahan rezeki bagi warga yang sebagian besar merupakan petani. Melalui kegiatan ini diharapkan juga bisa menjaga kerukunan dan kekompakan semua warga.

Sementara itu, usai dilaksanakan kirab budaya mengelilingi kampung, seluruh gunungan dan ubo rampe kemudian didoakan, selanjutnya gunungan diperebutkan oleh ratusan warga yang hadir.

Kapolsek Bambanglipuro dalam sambutannya berharap agar kirab budaya ini sebagai wahana pendidikan dan penyemangat bagi warga masyarakat sehingga tercipta kerukunan dan kekompakan antar warga masyarakat.

Rangkaian kegiatan kirab budaya gunungan diakhiri dengan acara kembul bujono atau makan bersama seluruh warga yang hadir. Mereka juga dihibur dengan pementasan kesenian Reog wayang orang yang dimainkan oleh puluhan penari remaja putera dan puteri pedukuhan setempat.

Selama kegiatan berlangsung, personil Polsek Bambanglipuro melaksanakan pengawalan dan pengamanan. Untuk Puncak acara Merti Dusun akan digelar pada tanggal 25 Juli 2018 dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang Ki Suwondo hadi Prayitno. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:31

0 komentar:

CB