Pengamanan Kirab Jodhang Merti Dusun Payak Tengah

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:53

Personil Polsek Piyungan mengamankan Kirab Jodhang dalam rangka Merti Dusun (Dhekahan Gedhe) di dusun Payak Tengah, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Minggu, 01 Juli 2018 pukul 14.00 Wib. Kegiatan merti dusun mengambil tema "Gebyar Sewu Sego Takir".

Kirab Jodhang tersebut diselenggarakan oleh Paguyuban Tresno Budoyo Srimpi Payak diikuti oleh 4 pedukuhan yaitu pedukuhan Payak Wetan, Payak Tengah, Payak Cilik dan dusun Bangkel yang masing masing pedukuhan menampilkan peserta bergodo berpakaian adat jawa dan membawa gunungan dan jodang yang berisi hasil bumi berupa sayuran, buah dan makanan tradisional.

Kirab dimulai start dari dusun Klenggotan - ke timur Jalan Wonosari dan finish dusun Payak Tengah dengan menempuh jarak kurang lebih 2 Km. Sesampai di dusun Payak Tengah diadakan kenduri akbar yang diikuti warga se kring Payak.

Selaku penanggungjawab kegiatan adalah Kadus Payak bapak Lulut Triyono, SE. MAP. Menurutnya, maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu sebagai wahana pemersatu antar warga pedukuhan Payak Wetan, Payak Tengah, Payak Cilik dan dusun Bangkel serta sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang telah diberikan. (Humas Polsek Piyungan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:53

0 komentar:

CB