Pengamanan Tahapan Pesta Demokrasi Pemilihan Lurah Desa Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:58

Tahapan pesta demokrasi Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) di Desa Bantul diwarnai dengan kegiatan pawai atau kirab atlet dan grup drumband di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Bantul Jumat (27/7) sore. Kirab yang dimulai dari halaman Kantor DPRD ini mengiringi salah satu Calon Lurah Desa Bantul dalam pengembalian berkas pendaftaran ke Kantor Desa setempat.

Iring-iringan kirab dimulai dari beberapa gadis pembawa spanduk Asian Games 2018 diikuti calon lurah desa yang membawa obor, kemudian diikuti puluhan orang atlet dan regu drumband dari SMP Negeri 1 Pandak. Sebanyak 40 orang atlet merupakan atlet cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Dalam rangka pengembalian berkas Pilurdes Bantul, kami dari tim pemenangan Andi Maryanto menggelar pawai atlet dan drumband dengan mengangkat tema Asian Games 2018. Mereka bukan atlet yang bertanding di Asian Games tetapi mewakili cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Asian Games. Ada atlet karate, panjat tebing, menembak, memanah, balap sepeda dan banyak lagi,” ungkap Calurdes Andi Maryanto.

Ia menambahkan, tim sengaja mengangkat tema Asian Games dengan tujuan untuk menyambut kemeriahan pesta olahraga negara-negara di Asia. Ia berharap, penyelenggaraan Asian Games berjalan dengan lancar dan Indonesia sebangai tuan rumah mampu mendapatkan pundi-pundi medali dalam pertandingan. Ia juga berharap kepada atlet-atlet yang berada di daerah khususnya di Bantul untuk memacu semangat sehingga ke depan dapat berkiprah di ajang Asian Games.

Saya berharap Pilurdes di Desa Bantul berjalan sukses dan sportif seperti halnya pagelaran Asian Games yang diselenggarakan,” tandasnya.

Sementara itu Panita Pilurdes Desa Bantul, Imam Santosa, mengungkapkan, penyelenggaraan Pilurdes di Desa Bantul diikuti oleh lebih dari lima kontestan. Tak hanya kontestan dari Desa Bantul, ajang pesta demokrasi tingkat desa ini juga diikuti oleh kontestan dari luar Desa Bantul.

Sesuai regulasi (Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2017 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 03 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan Dan Pemberhentian Lurah Desa) jumlah kontestan yang melebihi dari lima orang akan dilaksanakan tes atau seleksi untuk mendapatkan lima kontestan yang akan maju dalam pemilihan langsung.

Pelaksanaan Pilurdes serentak di Bantul akan diselenggarkaan di 30 Desa, dilaksanakan pada 14 Oktober mendatang. Untuk Desa Bantul sendiri ada tujuh peserta yang mendaftarkan diri dalam Pilurdes, sehingga sesuai tatib dan perda yang ada, seluruh bakal calon ini akan menjalani tes sampai mencapai lima peserta,” ungkap Imam.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:58

0 komentar:

CB