Pengamanan Verifikasi Gapoktan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018

Posted by Humas Polresbantuldiy on 14:28

Lomba seperti ini merupakan sebuah perhatian Pemerintah Pusat terhadap para kelompok tani untuk semakin semangat dalam mewujudkan salah satu program Pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Guna mencapai visi Kabupaten Bantul yakni terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera, salah satu upaya yang harus dilaksanakan adalah mewujudkan ketahanan pangan masyarakat. Hal itu diungkapkan Bupati Bantul Drs. H Suharsono dalam kegiatan Verifikasi Gapoktan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018, di Balai Desa Panggungharjo. Jumat (6/7/2018).

"Ketahanan pangan merupakan prasyarat bagi terpenuhinya kebutuhan asupan gizi masyarakat, serta menjadi modal bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian keluarga," ujar Bupati.

Bupati menambahkan, berbagai upaya dalam urusan ketahanan pangan tidak hanya berfokus pada peningkatan ketersediaan pangan, pemerataan distribusi pangan dengan harga terjangkau dan tercapainya pola konsumsi pangan yang aman, bergizi dan beragam, namun juga meningkatkan peran masyarakat dan pihak swasta dalam mendukung ketahanan pangan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, pembangunan di bidang pertanian akan berhasil jika bersandar pada kebutuhan dan kepentingan para petani. Dalam hal ini, keberadaan gapoktan tentunya menjadi sangat penting. ggapoktan adalah pilar pembangunan pertanian, kata Bupati.

"Untuk kelompok tani fungsinya lain dengan gapoktan, fungsi kelompok tani ada 3. Untuk gapoktan orientasinya berfikir sudah pengembangan usaha, sudah mengembangkan unit-unit usaha. Seperti usaha simpan pinjam, usaha produksi, usaha pengelohan hasil dan pengelolaan alat-alat alsintan," tambah ketua tim verifikasi tingkat pusat Ir. Susilo Astuti, MM.

Selama kgiatan berlangsung personil Polsek Sewon melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertiib. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:28

0 komentar:

CB