Pentas Wayang Cakruk Di Dusun Krapyak Kulon Panjangrejo Pundong

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:41

Kapolsek Pundong AKP Haryanto S.H, menghadiri acara penyuluhan dari dinas sosial propinsi DIY tentang mengatasi kemiskinan, narkoba dan permasalahan sosial lainya dengan media wayang cakruk di Dusun Krapyak kulon Panjangrejo Pundong. Rabu 18-7-2018 pukul 20.00 Wib.

Adapun dalang wayang cakruk adalah Ki Waluyo dihadiri oleh Perwakilan Dinas Sosial Propinsi DIY, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi PKS Bapak Muh David, Anggota DPRD Kabupaten Bantul Fraksi PDIP Ibu Tustiyani, Sekretaris Kecamatan Pundong Bapak Drs Mursana, Lurah Desa Panjangrejo Bapak Daru Kisworo beserta pamong desa Panjangrejo, Kepala dukuh se desa Panjangrejo, Toga, Thomas, dan ratusan penonton.

Sambutan bapak Heru dari dinas sosial Diy menyampaikan pada era sekarang ini orang banyak disibukkan dengan berbagai hal khususnya dalam rangka berupaya mememenuhi tuntutan kehidupan dalam keluarga. Keadaan yang demikian kadang berimbas pada kwantitas tingkat kehadiran masyarakat jika diundang pada acara penyuluhan ataupun sosialisasi terhadap suatu program yang dilaksanakan pemerintah, karena waktu siang hari menjadi waktu yang begitu berharga.

Menyikapi ini Dinas Sosial DIY membuat kiat yang jitu untuk mengatasinya yaitu dengan cara melaksanakan Penyuluhan Sosial kepada masyarakat yang dilaksanakan Malam Hari dengan media peraga berupa "Wayang Cakruk". Kegiatan ini terbukti efektif karena dalam setiap pelaksanaannya masyarakat disemua kalangan bisa berkumpul dan menerima penyuluhan dengan senang hati karena didalamnya terdapat fariasi hiburan.

Wayang Cakruk adalah sebuah pagelaran layaknya sebuah wayang, namun materi cerita atau Lakon adalah berkutat pada Permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di tengah masayarakat dan didalam membawakan lakon itu sang Dhalang memerankan berbagai tokoh masyarakat maupun tokoh agama yang bisa memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Hal yang membuat lebih menarik lagi karena menampilkan "tokoh biang permasalahan" atau biasa disebut Provokator.

Setelah selesai pementasan wayang cakruk kemudian dilanjutkan dengan pentas campusari Sakuntala, sebelum pentas campusari berlangsung, Kapolsek Pundong Akp Haryanto S.H, berkenan naik kepanggung memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat yang hadir, juga dihimbau kepada seluruh penonton yang berjoget agar menjaga ketertiban dan jangan minum minuman keras agar tidak menimbulkan kesalah pahaman. Acara berakhir pada pukul 23.00wib berlangsung aman dan lancar. (Humas Polsek Pundong ).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:41

0 komentar:

CB