Polsek Kasihan Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Mayarakat

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:36

Polsek kasihan menghadiri rapat koordinasi Lintas Sektor Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) di Resto Castle Mang Engking Soragan Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Sabtu(28/07/2018) Siang.

Pertemuan lintas sektor  dari unsur kabupaten Bantul dan kecamatan Kasihan dari unsur Dinas Sosial dihadiri Ibu Kepala Bidang PMKS Ibu Nita Krit, BNNK diwakili Bapak Edi Santoso, SH, Dinkes dr. Fauzan Kasie PTM Keswa dan Unsur Muspika serta TRC, KUA, Puskesmas, Desa PKK dan Gelimasjiwo.

Dalam sambutannya Camat Kasihan Bapak Drs. Susanto, MPA menyampaikan bahwa Kesehatan jiwa adalah inti utama pembanguanan di Indonesia sebagaimana dalam syair Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang berbunyi bangunlah jiwanya bangunlah badannya. Dalam tujuan membangun masyarakat yang sehat tidak akan pernah terlepas dari kesehatan jiwanya. Sebab manusia yang utuh adalah manusia yang sehat secara jiwa dan raga.

Visi kecamatan Kasihan adalah optimalisasi pelayanan kepada masyarakat untuk mendukung terwujudnya bantul projotamansari sejahtera demokratis dan agamis. Sedangkan beberapa misi yang terkait dengan masalah kesehatan jiwa di kecamatan kasihan yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, Mengupayakan kesejahteraan,mencerdaskan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan melalui pemberdayaan   lembaga dan warga masyarakat  dengan ini maka adanya TPKJM sebagai kendaraan untuk meraih visi dan misi kecamatan Kasihan.

Selanjutnya disampaikan materi permasalahan kesehatan jiwa diwilayah kecamatan Kasihan di sampaikan oleh kepala Puskesmas kasihan II drg. Elmi Yudihapsari, MPH yakni  semakin meningkatnya kunjungan pengobatan para mantan pecandu napza sehingga mengganggu ketersediaan obat, pasien kambuh karena tidak minum obat dan kurang dukungan sehingga mengganggu keamanan dan ketertiban lingkungan.

Sementara itu dalam materinya Ketua TPKJM Suparmadi, SIP.,M.Si menyampikan peran dan fungsi masing-masing sektor. Dalam TPKJM  Kepolisian  memiliki peran dan fungsi: Kebijakan penaggulangan masalah Psikososial dan Napza, Mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam penanganan pasien yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain, Mempromosikan kesehatan jiwa pada masyarakat melalui kegiatan Babinkamtibmas. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:36

0 komentar:

CB