Sosialisasi KIE Pengarusutamaan Gender Di Balaidesa Gadingharjo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 18:56

Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi bersama Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari menghadiri Sosialisasi KIE Pengarusutamaan Gender (pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak) di Balaidesa Gadingharjo, Sanden, Bantul, Senin (09/07/2018) jam 08.30 Wib. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Bantul.

Kegiatan sosialisasi dihadiri  Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Bantul Eddy Susanto, Hariono Bappeda Kabupaten Bantul, Muhammad Jainul PATBM Kabupaten Bantul, Kusumaning Tyas UPT Kabupaten Bantul, Lurah Desa Gadingharjo Aan Indranursanta, SS beserta Pamong Desa Gadingharjo dan Pamong Desa Srigading, Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Tariyadi, Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigpol Tohari serta perwakilan perempuan Desa Srigading dan Gadingharjo.

Hariono Bappeda dari Bappeda Kabupaten Bantul sebagai narasumber mengatakan pegarusutamaan Gender, kesetaraan dan keadilan Gender adalah merupakan suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan dan program memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, permasalahan perempuan dan laki - laki ke dalam perencanan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari selurahan kebijakan dan program di berbagai bidang pembangunan.

Kesetaraan gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan dan pertahanan dan keamanan nasional (hankamnas) serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan. Sedangkan Keadilan gender adalah suatu proses dan perlakuan adil terhadap perempuan dan laki-laki. Dengan keadilan gender berarti tidak ada pembakuan peran, beban ganda, subordinasi, marginalisasi dan kekerasan terhadap perempuan maupun laki-laki, jelas Hariono.

Sedangkan narasumber Eko dari LSM menyampaikan materi tentang perlindungan anak dan hak anak. Dijelaskan, perlindungan anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 18:56

0 komentar:

CB