Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Amankan Pentas Seni Kethoprak di Pedukuhan Gedongan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:43

Bhabinkamtibmas Desa  Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka mengamankan Pentas Seni Kethoprak dengan lakon Ande-Ande Lumut  di Halaman Rumah Sariyo Pedukuhan Gedongan RT 01 Bangunjiwo Kasihan Bantul, Senin (27/08/208) pukul 20.00 WIB.

Pentas ini diselenggarakan warga dalam rangka Merti Dusun Pedukuhan Gedongan yang dihadiri oleh Muspika Kasihan,  Ketua RT se-Pedukuhan Gedongan  dan warga.

Lakon Ande-ande Lumut dibawakan dalam tema kethoprak humor dan dimainkan oleh warga Desa Bangunjiwo. Pentas ini menjadi tontonan menarik meski dimainkan di atas setting panggung yang sederhana.

Penampilan warga yang prima, mampu membawa penonton dalam alur cerita tersebut. Improvisasi para pemain juga sangat menarik, terlebih guyonan yang dibawakan juga alami. Ande-ande lumut merupakan cerita rakyat jawa (Jawa Timur). Di mana mengisahkan perjalanan seorang putri (kleting kuning) yang akhirnya bisa kembali menjadi bangsawan setelah dipinang pangeran.

Cerita tersebut berkisah pula tentang kleting ijo, kleting abang, dan kleting biru yang gagal dipinang pangeran, akibat tidak mampu melewati rintangan dan cobaan. Di akhir cerita, kleting kuning akhirnya dipilih oleh pangeran untuk menjadi permaisuri. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:43

0 komentar:

CB