Kapolsek Pajangan Hadiri Kirab Budaya Arak Arakan Bedol Keprajan Merti Dusun Pringgading

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:47

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, SAP menghadiri acara Kirab Budaya Arak Arakan Bedol Keprajan Merti Dusun Pringgading 2018 dengan tema "Pringgading Nyawiji Jroning Mardikaning Negari" di Perum Blok X Dusun Pringgading Guwosari Pajangan Bantul, Minggu (5/8/2018) siang.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas  Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos, M.Si mewakili Bupati Bantul, Joko Purnomo, SE, MM Anggota DPRD DIY Komisi B, Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta, Sekcam Pajangan Subarta S.Sos, M.Si, Danramil 18 Pajangan Kapten Sarmin,Bhabin Guwosari Bripka Suprohandono, SH, Babinsa Koramil Pajangan Serka Jarot, Lurah , Dukuh sedesa guwosari, warga pringgading krg lebih 2000 orang.

Acara arak-arakan diawali dari Dusun Pringgading Utara Dusun Pringgading RT 01 perbatasan dengan Kasihan, Jalan Bibis - Pringgading dan finish di panggung Perum Guwosari Blok X Pringgading Guwosari Pajangan sejauh 3 km. Susunan Bregodo diawali Marchingband Muda Mudi Pringgading, Bregodo Aryo Pringgo Pringgading, Bregodo Krebet Jati Manggolo, Gunungan, Bregodo Singosaren Kotagede Yogyakarta, dan Pembawa Panjang Ilang yang berjumlah 99.

Sebelum kirab arak arakan Bedol KepraJanuari mulai, dilakukan pentas Barongsai dari Mutiara Naga Yogyakarta di Sukodirjan Pringgokusuman Yogyakarta pimpinan Bapak Satrio Anggoro di perempatan Pathuk Dusun Pringgading. Penyambutan Bregodo dan tamu undangan dilakukan pentas tari Srimpi Pande Lori Gagrak Ngayogyokarto Hadiningrat dari Sanggar Savina Pringgading Guwosari Pajangan Bantul oleh penari Savina, Elga, Tata dan  Laila.

Kepala Dukuh Pringgading Bpk. Mangku Wibowo mengatakan, kegiatan merti Dusun ini merupakan wujud syukur dan bersatunya masyarakat Pringgading untuk maju bersama. Kegiatan diawali sejak tanggal 3 Agustus 2018 hingga nantinya Jumat 10 Agustus dengan pentas kesenian dan potensi yang dimiliki Dusun Pringgading, acara pungkasan akan dilakukan pagelaran Wayang kulit Dalang Ki seno Nugroho. Terimakasih kepada seluruh warga masyarakat Pringgading dan donatur yang membantu terselengagaranya acara ini, katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Bpk. Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos mewakili Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kab. Bantul senang memberikan apresiasi yang tinggi atas merti Dusun Pringgading ini. Merti Dusun sebagai wujud rasa gembira, rasa syukur kita kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kegembiraan terhadap warga Pringgading. Merti Dusun ini diharapkan dapat membuat bersih lingkungan, bersih lahir batin warga di Pringgading sehingga menjadi masyarakat yang ayom, toto, titi, tentram karena hatinya bersih lahir dan bathin. Merti Dusun ini harus bisa mengimplementasi dasar negara kita Pancasila, dan sudah terbukti. Semoga dengan merti Dusun Pringgading makin maju, bentuk gunungan merupakan golog gilig masyarakat, atas kecil bawah besar, masyarakat Pringgading menjadi masyarakat yang nantinya semoga  berada di tataran puncak tertinggi, rejeki di dunia baik, pangkat agama baik dan diakherat ditempatkan ditempat yang baik pula, ujarnya.

Pengamanan arak arakan bedol keprajan merti dan Pringgading dilakukan oleh Polsek Pajangan, Koramil 18/Pajangan,Linmas Guwosari dan masyarakat Pringgading. Selama Kegiatan berlangsung dalam keadaan aman aman kondusif berakhir jam 16.30 Wib. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:47

0 komentar:

CB