Kapolsek Sanden Panen Raya Bawang Merah Bersama Bupati Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:41

Kapolsek Sanden AKP Riwanta menghadiri kegiatan "Panen Raya Bawang Merah bersama Bupati Bantul" di Kelompok Tani Manunggal Bulak Lahan Pasir, Ngepet, Srigading, Sanden, Bantul. Rabu (29/08/2018) jam 08.30 Wib.

Turut hadir dalam giat panen raya, Kepala BPTP Yogyakarta Joko Pramono MP, Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bambang Guritno SH, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Ir. Pulung Haryadi, MSc, Kepala Dinas Pertanian Kelautan Perikanan Bantul, Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Danramil Sanden Kap. Inf. Suyana, PS Kasat Polair Samas Iptu Gandung, Camat Sanden Slamet Santosa S.IP, Lurah Desa Srigading dan Gadingharjo, perwakian kelompok tani.

Dalam smabutannya Camat Sanden Slamet Santoso, SIP mengatakan bahwa panen bawang merah ini merupakan hasil penemuan tehnologi baru yaitu menanam dengan biji varietas Lokananta yang berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dengan umbi.

Camat Sanden berharap kesulitan yang petani alami baik bibit atau obat nantinya semakin mudah didapat sehingga biaya produksi dapat ditekan dan petani semakin sejahtera. Disamping itu petani tidak henti hentinya melakukan inovasi, agar dapat dikembangkan sebagai agro wisata.

"Mohon dukungan dan bimbingan kepada semua pihak agar generasi muda tertarik untuk ikut berperan serta dalam budidaya pertanian khususnya bawang merah," harap Camat Sanden.

Subandi, mewakili kelompok tani manunggal lahan pasir mengungkapkan bahwa dahulu lahan pasir di daerah Sanden merupakan bentangan gurun tanah perak atau tanah tandus, namun atas dorongan dari berbagai pihak dan kerjasama dinas terkait menjadikan lahan pasir menjadi lahan emas artinya bahwa lahan pasir menjadi bebas air rob, tidak terkena banjir, dapat ditanami berbagai macam tanaman holtikultura.

Sementara itu, Budi Haryono mewakili  PT Tanah Merah mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bantul yang telah mensuport kami, sehingga petani dapat mengenal biji dari tanaman bawang merah. Kelebihan dari biji yaitu menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan karena  benih harganya murah dan konsumsi pupuk berkurang 30 %. Semoga kerjasama ini langgeng dan dapat meningkatkan pertanian di Indonesia, harapnya.

Sedangkan Bupati Drs. H. Suharsono dalam kesmepatannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat kelompok tani manunggal Dusun Ngepet yang telah berhasil dalam mengembangkan pertanian bawang merah.
Kita harus yakin bahwa bawang merah ini dapat menjadi salah satu komoditi utama dari Kabupaten Bantul. Untuk itu saya berharap acara panen pada hari ini akan dapat memicu semangat dan bisa menginspirasi warga masyarakat yang lain, ujar Bupati Bantul.

Pemerintah Bantul mempunyai komitment bahwa sektor pertanian harus terus didorong agar mampu berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ujar Bupati Bantul Drs. H. Suharsono.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bantul melaksanakan panen raya bawang merah hasil tanam dari biji varietas Lokananta dan hasilnya jauh lebih besar daripada hasil tanam dari umbi bawang merah.

Dalam kegiatan panen raya bawang merah tersebut, anggota Polsek Sanden melaksanakan pengamanan. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:41

0 komentar:

CB