Pembinaan Kamtibmas Tentang Wawasan Kebangsaan Di Balai Desa Segoroyoso

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:12

Pemerintah Desa Segoroyoso mengadakan kegiatan pembinaan kamtibmas dengan materi tentang Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Segoroyoso, Pleret, Bantul pada Rabu (8/8/2018) pukul 20.00 WIB.

Dalam kegiatan ini sebagai narasumber yaitu Kapolsek Pleret yang diwakili Kanit Binmas Iptu Sukardi dan Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S. Turut hadir diantaranya Lurah Desa Segoroyoso Miadiyana, Carik Desa Segoroyoso Tri Astuti, Kasi Pemerintahan Rusgiyanti, Bhabinkamtibmas Desa Segoroyoso Bripka Sudi Harsono dan sebagai peserta dari para tokoh masyarakat se Desa Segoroyoso.

Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh Danramil Pleret. Ia menyampaikan pesan agar ditengah–tengah suasana perubahan sosial dalam perkembangan dinamika kehidupan masyarakat saat ini, yang secara global harus menghadapi persaingan ekonomi dan teknologi baik tingkat nasional atau internasional, jangan sampai menjual nilai-nilai nasionalis dan jangan sampai mengurangi nilai-nilai cinta Tanah Air.

Maka dengan wawasan kebangsaan ini diharapkan mampu membangkitkan kembali rasa dan semangat kebangsaan demi kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wawasan kebangsaan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran segenap komponen masyarakat untuk menerima, menghormati dan menghargai bentuk keragaman, membangun sikap moral dan etika segenap komponen bangsa dengan berdasar landasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Selanjutnya pada sesi kedua, penyampaian materi tentang radikalisme oleh Kanit Binmas. Disampaikan bahwa agar masyarakat memahami tentang bahaya dari paham radikalisme dan terorisme, yang bertujuan untuk merubah ideologi negara.

Lebih lanjut disampaikan pula tentang pemahaman intoleransi antar sesama warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian diharapkan masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan bujukan dari kelompok-kelompok tersebut.

Selain pemahaman bahaya radikalisme dan terorisme serta paham intoleransi, Kanit Binmas juga menyampaikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, yang akhir-akhir ini sudah cukup meresahkan masyarakat terutama bagi orangtua yang memiliki putra-putri masih duduk di bangku sekolah.

Pembinaan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari seluruh peserta yang hadir terutama dari kalangan tokoh masyarakat, sehingga diharapkan dapat diteruskan ke warga lainnya yang berada di lingkungan tempat tinggalnya. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:12

0 komentar:

CB