Pengamanan Kirab Budaya Dusun Druwo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:00

Sejumlah personil dari Polsek Sewon mengamankan giat kirab budaya warga dusun Druwo, desa Bangunharjo, Sewon, Bantul, dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan republik Indonesia yang ke 73 tahun 2018 yang diikuti oleh seluruh warga Druwo, Minggu (19/08/2018) siang.

Menurut Bhabinkamtibmas desa Bangunharjo mengatakan pengamanan jalur kirab budaya warga dusun Druwo sangat diperlukan mengingat banyaknya peserta yang mengikuti kiranb tersebut, dan jalur yang dilewati salah satunya melalui jalan Parangtritis yang sarat akan kendaraan tuturnya.

“Salah satu jalur yang akan di lewati pserta kirab budaya adalah jalan parangtritis , kebetulan hari minggu, tidak menutup kemungkinan laju dari kendaraan akan sedikit tersendat” imbuhnya.

Sementara itu Septiyan Yundarto selaku ketua panitia sekligus ketua karangtrauna Wijaya Kusuma Druwo menyampaikan terimakasih kepada seluruh warga dusun Druwo, yang telah berpartisipasi dalam kirab budaya dusun Druwo, dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Ri yang ke 73.

Sedangkan sambutan dari lurah desa Bangunharjo Pelaksanaan kirab tidak hanya bertujuan untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal, namun konsepnya dibuat untuk menjadi magnet bagi penonton. sebagai warga berbudaya siap melestarikan budaya dengan segala kemampuan dan potensi. dalam hal ini warga Druwo, wajib hukumnya  untuk menggali potensi, gelar potensi, dan melestarikannya.

Sebelum menutup sambutannya Lurah desa Bangunharjo berharap potensi yang ada didusun Druwo ditampilkan dalam kirab, supaya memberi nilai informatif dan edukatif terhadap budaya dari leluhur kepada generasi saat ini.

“Bisa dibilang, upaya warga Druwo untuk melestarikan budaya yang dimiliki sangatlah totalitas. Bagaiamana tidak, pasukan kirab sangat beragam dan jumlahnya yang tidak sedikit. Ada pasukan bregodo, tim jathilan, penari, gunungan raksasa, pasukan ibu-ibu penggendong jamu yang lekat dengan nilai kearifan lokal, lalu ada pula barisan pasukan reog, penabuh musik, dan lainnya”.
Setelah seluruh peserta memasuki finish di lanjutkan dengan rayahan 4 (empat) buah gunungan dan hiburan serta pembagian doorprize. Turut hadir dalam acara kirab budaya dusun druwo tersebut Lurah Desa Bangunharjo Yuni Ardiwibowo,S.Sos, Kaur Pemerintahan deas Bangunharjo Sayono, Dukuh druwo Suharman, tokoh masyarakat dusun Druwo. (Humas Polsek Sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:00

0 komentar:

CB