Pengamanan Kirab Budaya Merti Dusun Krebet 2018

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:51

Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, SAP menghadiri acara Kirab Budaya Merti Dusun Krebet Tahun 2018 di Pendopo Kasarosan Dusun Krebet RT 04 Sendangsari Pajangan Bantul, Sabtu siang (4/8/2018).

Kegiatan mengambil tema "Bathok Bolu Isi Madu" dihadiri oleh DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM, Asek 1 H. Jamharis mewakili Bupati Bantul Drs. H. Suharsono,  Widodo, A.Md Ketua Komisi B DPRD Kab. Bantul, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Bpk. Drs. Kwintarto Heru Prabowo, DPRD Kab. Bantul Komisi A H. Sapta Sarosa, S. Psi, Forkompincam Pajangan Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta, Danramil 18/Pajangan Kapten Chb. Sarmin, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Kepala Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi Wignyo Suprapto, Tokoh dan warga masyarakat Krebet.

Panitia diwakili DPRD Kab. Bantul Komisi A H. Sapta Sarosa, S. Psi menyampaikan harapannya agar pemerintah Kab. Bantul membantu akses wisata di Kasongan Kajigelem yang diperlukan pariwisata harus baik. Kita harapkan perlu perhatian dari seluruh pohak untuk pengembangan wisata di Krebet ini, ujarnya.

Drs Helmi Jamharis Asek 1 Setda Kabupaten Bantul dalam kesempatan ini menyampaikan amanat Bupati Bantul. Pemerintah Kab. Bantul menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan masyarakat Krebet atas segenap usaha dan prakarsanya dalam menyelenggarakan acara merti Dusun pada kesempatan ini.

Kami merasa senang acara ini bertujuan untuk menjunjung tinggi dan melestarikan warisan budaya nenek moyang kita, menumbuhkan kebersamaan dan menanamkan dan menjaga nilai-nilai persatuan kesatuan di kalangan masyarakat Dusun Krebet.

Banyak nilai yang bisa kita ambil dari rangkaian merti Dusun baik itu nilai religius menyadarkan kepada kita untuk selalu ingat kepada Alloh SWT atas semua pemberianNya juga nilai yang selalu mengingatkan kepada kita agar senantiasa mikul duwur mendhem jero dari apa yang telah dilakukan oleh para leluhur pendahulu kita.

Dengan merti Dusun ini diharapkan akan mampu memberikan suntikan energi bagi kita semua khususnya warga masyarakat Krebet dalam merefleksi peran dan sumbangsihnya dalam mengisi dan meneruskan cita-cita Kemerdekaan negara kita. Hal ini berharga untuk membangun daerah kita dan kita awali dari dan Krebet.

Warga masyarakat harus saling bahu membahu, saling bergandengan tangan, saling bergotongroyong agar pembangunan di Kab. Bantul dapat berjalan dengan baik. Mari terus kita jalankan konsistensi dalam memberikan dukungan baik itu lewat doa dan karya nyata terhadap setiap kebijakan dan program kerja yang dijalankan oleh Pemerintah Kab. Bantul, katanya.

Acara nanti malam berupa pagelaran Wayang kulit yang merupakan puncak acara merti Dusun Krebet tahun 2018. Wayang kulit nanti malam dengan Dalang Ki Sujanto, S.Sn dengan lakon Petruk Dukun.

Sementara Kirab budaya yang sedang berlangsung berupa kirab Bregodo dengan susunan :
1. Bregodo Krebet Jati Manggolo (Krebet)
2. Gunungan dari Krebet RT 02.
3. ‎Bregodo Krebet Dewi manggolo (Krebet)
4. Panjang Ilang masyarakat Krebet RT 02,03 dan RT 04
5. Bregodo Aryo pringgo (Pringgading)
6. Panjang Ilang masyarakat Krebet RT 01 dan 05.

Acara kirab budaya umbul dungo pujho basuki selesai dilanjutkan dengan pentas Jathilan Bekso Kudho Mataram Krebet sebanyak 2 babak, Babak Gedrok dan Jathilan Putra serta Celeng. Ratusan masyarakat menyaksikan acara Jathilan ini.

Pengamanan rangkaian merti Dusun Krebet diamankan oleh Polsek Pajangan, dibantu Koramil, FKPM Paksi Katon, RAPI Kec. Pajangan dan Masyarakat Krebet. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:51

0 komentar:

CB