Pengamanan Lomba Festival Kirab Bergodo Rakyat Kecamatan Kasihan 2018

Posted by Humas Polresbantuldiy on 03:30

Personil Polsek Kasihan mengamankan Lomba Festival Kirab Bergodo Rakyat Kecamatan Kasihan 2018 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 73, di Kecamatan Kasihan, Minggu (05/08/208) pukul 08.00 wib.

Sebagai ketua panitia Penyelenggara Festival Bergodo rakyat kasihan adalah sdr. Fatoni Ari Wibowo dan penanggung jawab Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA  yang diikuti peserta lomba bergodo sebanyak 20 antara lain Bergodo: Wira Pertiwi dari keloran, Prajurit Bangunjiwo dari bangunjiwo, Ponco Manunggal dari kadipiro, Wira Bekel dari bekelan,   Ponco Mangunggal dari kadipiro, Tamtomo Nitiproyo dari nitiprayan, Prawiro Yudho dari Karangjati, Sagotro dari lemahdadi, Wiro Binangun dari kalipakis, Sapta Raga dari rukeman, Turonggo Sumber Arum dari sumberan, Wira Tamtama dari padokan k, Wirosobo dari soboman, Tirto Yudho dari ngrame, Semar Seto dari sidorejo, Jomenduro Catur Manunggal dari kasihan, Wira Bayan dari Jeblog, Lemahdadi dari lemahdadi, Tambak Baya dari tambak, Krido Winongo dari glondong, Langen Wanita dari mrisi. Dan dimeriahkan 3 Bergodo, B Panji Parentah dari Provinsi DIY,  B. Yudho Manggala dari Kodim Kabupaten Bantul dan  B. Winata Manggal dari Desa Ngestiharjo,

Route start Jalan Depan Madukismo - Simpang 4 Maducandya - Simpang 3 barat jembatan Cemplung  - Simpang 3 Diklat Gunung Sempu, Simpang 3 Sendang Kasihan - Simpang 3 SD Ringin Kasihan - Finish Lapangan Desa Tamantirto.

Dengan Tim Yuri GBPH. H. Yudho Nengrat, MM., KPH Indrakusumo, Dinas Kebudayaan Bantul, Raden Wedono Widihasto Wasana Putra, S.Sos  ketua bergada rakyat DIY,  RM Doni Meganandha dan Nurdianto. Dengan kriteria penilaian : Tata lampah dan keserasihan jalan, Tata busana kreaktifitas  keserasian costum, Ungel-ungelan Kekompakan kreaktifitas musik, Manggalayuda dan cors musik.

Dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih, Anggota DPR Kabupaten Bantul dari Fraksi Nasdem H. Bibit Rustam,  Anggota DPR Kabupaten Bantul dari Fraksi PPP Jumakir, Camat Kasihan Drs. Susanto, MPA, Kapolsek Kasihan Akp Y. Tarwoco Nugroho,SH,  Danramil Kasihan Kasihan Kapten Inf.Rajiko, Lurah Tirtonirmolo HM. Marwan MS, SH segenap panitia dan undangan.

Sambutan Wabub Bantul menyampaikan,  atas nama pemerintah kabupaten Bantul sungguh kami sangat bersyukur bergembira sekaligus bangga dengan pelaksanaan festival bregodo rakyat kasihan tahun 2018 ini teriring harapan semoga festival ini akan mampu meningkatkan komitmen kita greget kita untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan istimewa Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bahwa kita sebagai masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sebuah kebudayaan adi luhung yang secara formal telah diakui ditetapkan sebagai kawasan yang memiliki kebudayaan khas kebudayaan adi luhung yang merupakan soko guru kebudayaan nusantara melalui undang-undang keistimewaan oleh karena itu festival ini akan dapat menggairahkan menyadarkan kita semuanya, terutama para generasi muda kita bahwa kita memiliki kebudayaan adi luhung sehingga festival bregodo ini akan mampu menguatkan karakter kita sebagai warga DIY yang memiliki sifat sifat greget nyawiji sengkuh ora mingkuh golog gilik dst sehingga kita memiliki ketahanan budaya demi kemajuan dan kejayaan masyarakat di DIY.

Oleh karena itu festival bregodo rakyat kasihan tahun 2018 ini marilah kita sambut bersama sama kita apresiasi dengan harapan bahwa festival ini juga akan mampu mendorong lahirnya generasi muda kita yang sadar budaya yang dapat mempertahankan kebudayaan kita dari gempuran kebudayaan luar kebudayaan asing kapitalisme hedonisme individualisme yang semuanya itu tidak cocok tidak sesuai dan akan menghancurkan kebudayaan kita suatu daerah suatu bangsa yang tidak memiliki kebudayaan.

Ini sama artinya bangsa itu tidak memiliki harga diri dan karakter sebagai manusia yang memiliki kedaulatan. Oleh karena itu bapak/ibu dan hadirin sekalian kegiatan semacam ini perlu kita lestarikan dan khususnya generasi muda adik adik dan anak anak kita marilah kita kenalkan kita ajarkan adanya kebudayaan adi luhung sebagai warisan dari leluhur dan nenek moyang kita.

Kegiatan Lomba Festival bergodo rakyat kasihan selesai pukul 12.00 wib, dengan Juara  Nomor 1. Bergodo Semar Seto dari Sidorejo Desa Ngestiharjo,  2. Bergodo Wiro Bayan  dari Jeblog Desa Tirtonirmolo,  3. Bergodo Wirosobo dari Soboman Desa Ngestiharjo dan pengamanan dari Polsek Kasihan dan dibantu unsur pengamanan lainya terlaksana dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 03:30

0 komentar:

CB