Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Kecamatan Pleret

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:14

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 Tingkat Kecamatan Pleret yang dipusatkan di Lapangan Desa Pleret, Pleret, Bantul berjalan dengan khidmat, Jumat (17/8/2018).

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Camat Pleret M. Alwi SH MH, dengan Komandan Upacara Aiptu Supriyono (anggota Polsek Pleret). Sedangkan Perwira Upacara dijabat oleh Ipda Moh. Widayadi Sanani. Untuk Komandan Kompi masing-masing dijabat oleh Serka Kustadi, Serka Dedik R, Serka Mahkardiono, Serda Jaka dari Koramil Pleret dan Bripka Nurhadianto, Bripka Gunawan, Bripka Agus Riyadi, Brigadir Nurrohman dari Polsek Pleret.

Hadir pada upacara tersebut antara lain Kapolsek Pleret AKP Sumanto SH, Danramil Pleret Kapten Arm. M. Bambang S, Kepala Instansi se Kecamatan Pleret, Lurah Desa se Kecamatan Pleret, para Kepala Sekolah, Pepabri, PWRI, Veteran, Orangtua dari Paskibra Kecamatan Pleret 2018 serta tamu undangan. Untuk peserta upacara terdiri dari Drumband SD Brajan, Drumband Lintang Songo MI Al-Khoiriyah Melikan, ASN, Pamong Desa, Dukuh, Pokdarwis, Linmas, Mahasiswa KKN UAD Yogyakarta, Pelajar (SD, SMP dan SMA), Pramuka serta Karang Taruna.

Pelaksanaan upacara diawali dengan pengambilan duplikat Bendera Merah Putih di Pendopo Balai Desa Pleret oleh Paskibra untuk disimpan di Mimbar Kehormatan oleh Perwira Upacara. Setelah Detik-Detik Proklamasi yang ditandai dengan bunyi sirene, pembacaan naskah Proklamasi dilanjutkan dengan pengibaran bendera oleh anggota Paskibra tahun 2018 yang terdiri dari 78 siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kecamatan Pleret.

Sebagai Komandan Pasukan Pengawal Budi Setiawan (MAN 3 Bantul), Komandan Kelompok 17 Bayu Maulana Anugrah (SMK N 1 Pleret), Komandan Kelompok 45 Muhammad Fajar Taufik (SMK N 1 Pleret) dan Pembawa Baki Amalia Pertiwi (MAN 3 Bantul).

Petugas Pengibar Bendera Merah Putih terdiri dari Pengerek oleh Ahmad Fannan (MAN 3 Bantul), Komandan Pasukan 8 oleh Muhammad Taufiq (MAN 3 Bantul) dan Perentang oleh Ardiano Rifqi Mustofa (SMK N 1 Pleret).

Suasana khidmat sangat terasa kala Sang Merah Putih mulai dikibarkan. Seluruh jajaran Forkopimcam di panggung kehormatan hingga peleton pasukan inti berbagai sekolah, PNS dan TNI/Polri yang menjadi peserta serentak melakukan hormat.

Anggota Polsek Pleret bersama Koramil Pleret dibantu Linmas, Banser, Paksi Katon dan Saka Bhayangkara Pleret melaksanakan pengamanan hingga upacara tersebut selesai. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:14

0 komentar:

CB