Bhabinkamtibmas Pendowoharjo Amankan Giat Ritual "Laku Tirakat Mubeng Deso"

Posted by Humas Polresbantuldiy on 02:00

Peringatan Malam Satu Suro Tahun Baru 1440 Hijriyah disambut oleh Pemerintah Desa Pendowoharjo dengan melakukan ritual "Laku Tirakat Mubeng Deso" bersama seluruh pamong desa, staf, BPD, Lembaga Desa, Babhinkamtibmas desa Pendowoharjo dan Babinsa pada Senin Malam (10/09/2018).

Tradisi ini mulai dihidupkan kembali agar warisan budaya yang telah dilakukan oleh Lurah Desa sebelumnya dapat lestari. Ketua Panitia Penyelenggara, Zuhuda Muhammad menjelaskan rute perjalanan dimulai dari titik kumpul yang berada di kediamannya Banyon-Rogoitan-Pringgan-Ngentak-Karanggede-Dukuh-Bulak Gaten-Miri-Jembatan Miri-Ngaglik-TK Masyithoh Ngaglik-Jembatan Ngaglik-Bulak Monggang-Kaliputih-SMP N 3 Sewon-Bulog Niten-Blunyahan-Pendowo dan selesai di titik kumpul awal pemberangkatan.

"Ritual ini dimulai pukul 22.00 WIB karena sebelumnya dilakukan do'a bersama di masing-masing pedukuhan, imbuhnya."

Kegiatan ritual ini sebagai bentuk perwujudan rasa syukur atas karunia nikmat Ilahi dan salah satu sarana untuk bermuhasabah diri. Semoga ke depan dapat meningkatkan kualitas hidup. Melewati segala rintangan, menemu-kenali masalah & potensi yang ada di wilayah Desa Pendowoharjo dan mengayomi warga dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, kegiatan semacam ini juga memunculkan semangat nilai juang dan kegotong-royongan. Dengan begitu, jalinan keakraban antar pamong dan warga masyarakat yang terlibat akan terjaga sepenuhnya. (Humas Polsek sewon)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:00

0 komentar:

CB