Cegah Narkoba, Ratusan Anggota Polres Bantul Tes Urine Mendadak

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:57

Tim Dokpol RS Bhayangkara Polda DIY melakukan pemeriksaan urine terhadap ratusan anggota Polres Bantul di lobi Polres Bantul, Selasa (25/9/2019) pagi. Pemeriksaan yang dilakukan secara mendadak ini, bertujuan untuk mendeteksi sekaligus mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba dilingkungan Polri sejak dini.

Pengecekan urine ini dilakukan terhadap anggota dari berbagai Satuan Fungsi dan Polsek Jajaran yang dijadwalkan akan mengikuti arahan dari Waka Polres Bantul Kompol Ahmad Nanang Wibowo SIK MH di Aula Mapolres Bantul.

Anggota yang melakukan pemeriksaan diminta untuk memasukkan urine mereka ke dalam botol kecil di toilet. Selanjutnya urine tersebut diserahkan kepada petugas untuk diperiksa. Proses memasukkan urine kedalam botol di toilet mendapat pengawasan ketat dari petugas Provost Polres Bantul.

Sampel urine tersebut langsung diperiksa di tempat dengan menggunakan alat pendeteksi Rapitest dan hasilnya langsung dapat diketahui.

“Alat pendeteksi Rapitest ini dapat mengidentifikasi enam parameter zat yang terkandung dalam sampel urine, yaitu Amphetamine (narkoba jenis ekstasi , ineks, eve , speed), THC (narkoba jenis ganja atau cannabis), Morphine (narkoba jenis putauw , candu), Methamphetamine (sabu-sabu), Benzo dan Cocain,” terang Kasubbid Yanmed Dokpol RS Bhayangkara Polda DIY, dr. Dewi Sri Budiarti Setyaningsih, MARS yang memimpin proses pemeriksaan.

“Bagi mereka yang negatif mengkonsumsi narkoba, maka pada alat pendeteksi Rapitest, akan menunjukkan dua garis, sedangkan bagi yang positif maka terdapat satu garis pada salah satu parameter Rapitest,” tambahnya.

Sementara itu Kapolres Bantul, AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK Mh dalam keterangan persnya menegaskan, bahwa tes urine terhadap anggota tersebut merupakan upaya deteksi dini dan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan anggota. “Polisi sebagai aparat penegak hukum sebelum turun untuk memberantas Narkoba, tentunya di dalam internal Polri harus bersih terlebih dahulu,” tegasnya.

Kapolres juga menjelaskan, apabila dalam pemeriksaan nanti ada anggota yang hasil tesnya positif, maka akan dilakukan tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Jika nanti ada yang positif, maka kami akan berikan tindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tandasnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:57

0 komentar:

CB