Kapolsek Kasihan Hadiri Upacara Tradisi Tingkep Tandur (Wiwitan) di Bulak Ngelo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:43

Kapolsek Kasihan AKP Y Tarwoco Nugroho, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka menghadiri Upacara Tradisi Tingkep Tandur (Wiwitan) di Bulak Ngelo Gedongan Bangunjiwo Kasihan Bantul, Minggu (09/09/2018) pukul 14.30 WIB.

Wiwitan Sak Iyeg Sak Eko Kapti ini diselenggarakan oleh warga Gedongan bersama Kelompok Tani Sido Maju Bangunjiwo  Kasihan dengan ketua panitia bapak Sariyo Atmojo.

Hadir acara ini Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Babinsa Bangunjiwo Serka Suparno, Dukuh Gedongan Bpk Ngadino, tamu undangan sebanyak 100 orang.

Wiwitan ini adalah puncak acara sebelum telah dilaksanakan serangkaian kegiatan  acara inti diantaranya  Tahlilan, Sendra Tari Dwi Sri, Bergada, Lomba Lukis Caping, Jathilan dan Musik, Griya Lisan.

Harapan ketua penyelenggara Sariyo Atmojo acara ini diadakan adalah merupakan salah satu wujud puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hasil panen tani yang melimpah,  disamping itu juga untuk menggali bakat dan mempelajari seni budaya, melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu kita termasuk juga sebagai hiburan masysrakat. Inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni dan budaya.

Seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan lenyap ditelan oleh gegap gempitanya seni dan budaya milik bangsa asing. Anak-anak bangsa akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerah yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Selama kegiatan berlangsung Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo Bripka Rista Faruliyantaka bersama dengan pihak-pihak terkait melakukan pantauan Kamtibmas, pertunjukan terlaksana dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:43

0 komentar:

CB