Kapolsek Sanden Hadiri Giat Gerakan Pengendalian OPT Di Dusun Ngepet

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:13

Kapolsek Sanden AKP Riwanta bersama Bhabinkamtibmas Desa Srigading Aiptu Taryadi menghadiri kegiatan Gerakan pengendalian OPT (Organisme Penganggu Tanaman) bertempat di Bulak lahan kelompok tani lahan pasir manunggal Dusun Ngepet, Srigading, Sanden, Jumat (21/09/2018) jam 09.00 Wib.

Hadir dalam giat tersebut BPTP DIY Kuncoro, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Kapolsek Sanden, Babinsa desa Srigading, Bhabinkamtibmas Desa Srigading dan Desa Gadingharjo, POPT Kecamatan Sanden dan Kretek Sunardi, Koordinator BPP Sanden Yuliyanto, Ketua kelompok tani Subandi dan petani lahan pasir manunggal.

POPT Kecamatan Sanden dan Kretek, Sunardi menjelaskan tentang produk pengendalian hama seperti PGPR (plant growth promoting rhizobacteria) yang multifungsi, berbahan hayati yang ramah lingkungan sehingga produk yang dihasilkan aman dikonsumsi. Trichoderma harsianum yang sejenis seperti jamur antagonis yang bekerja untuk memusuhi jamur penyebab penyakit cabai yang dalam pengunaannya digunakan bersama dengan pupuk kompos (organik yang difermentasi) agar jamur tersebut bertumbuh dan menghancurkan jamur yang merugikan petani. Beauveria bassiana sebangsa jamur berfungsi antisipasi berbagai jenis hama yang dalam pengunaannya setiap 2 minggu sekali.

Sedangkan Kuncoro mewakili BPTP DIY mengucapkan terimakasih atas kekompakan petani di Dusun Ngepet. Lebih lanjut Kuncoro mengatakan akan selalu mendukung setiap kegiatan petani agar hasil panen menjadi lebih baik, hama dapat tertanggulangi dan akan memfasilitasi pertemuan pertemuan yang berguna bagi petani. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:13

0 komentar:

CB