Pengamanan Kegiatan Merti Dusun Di Dusun Kweden Trirenggo Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:21

Personil Polsek Bantul dipimpin Kanit Sabhara Polsek Bantul Iptu Paini mengamankan kegiatan Kirap Jodhang dalam rangka Merti Dusun di dusun Kweden Trirenggo Bantul, Sabtu 15 September 2018 Pukul 13.00 WIB.

Adapun maksud dan tujuan merti dusun adalah ungkapan rasa syukur atas rezeki hasil bumi dan keselamatan sekaligus melestarikan budaya dan kesenian lokal.

Hadir dalam acara tersebut wakil Bupati Bantul Bp H Abdul Halim Muslih beserta ibu, Wakil ketua DPRD Kab. Bantul Ibu Arni Tyas Palupi, Kepala Dinas Kebudayaan/tabg mewakili, Camat Bantul bapak Sunarso, Kapoksek Bantul Kompol Munawar Sam SH, Camat Pandak, Lurah Se Kec. Bantul, Dukuh Kweden bapak Sumarjiyana, Perangkat Desa Trirenggo, Toga dan tomas serta ratusan warga.

Kegiatan diawali dengan doa dan kirap bregodo yang dilepas oleh bapak Dukuh. Adapun peserta Upacara Kirap Jodhang Merti Dusun Pedukuhan Kweden ada 6 bregodo antara lain Bregodo Songgo Rumekso, Bregodo Rt 01, Bregodo Rt 02, Bregodo Rt 03, Bregodo Rt 04, Bregodo Rt 05.

Setiap bregodo membawa gunungan yang terbuat dari buah maupun sayuran, sebagai tanda wujud syukur kepada Allah SWT atas hasil bumi dan membawa permainan tradisional "otok - otok " yang dibawa oleh ibu ibu, terakhir diarak gunungan Teh POCI oleh rombongan bregodo.

Ketua Panitia Penyelenggara, ucap syukur dan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang telah perkenalkan hadir dalam acara Marty Dusun yang ke VII. Atas nama seluruh panitia saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas terselenggaranya acara Merti Dusun ini.

Ucap terima kasih juga kepada pemerintah Kabupaten Bantul yang telah membantu terlaksananya acara Marty pesan ini dan terima kasih pula kepada pemerintah desa Trirenggo yang telah ikut serta membantu dalam pelaksanaan ini.

Merti Dusun ini sesuai kesepakatan warga dilaksanakan tiga tahun sekali yang dimulai sejak tahun 2000 dan untuk sore ini adalah Marti Dusun ini yang ke-7.

Dusun kuat dan terdiri dari dua Pedukuhan yaitu Kweden dan Tanuditan, Dan selama tiga tahun ini bisa membangun fisik dengan anggaran dari pemerintah Kabupaten Bantul dan anggaran desa atau APBDes yang antara lain Pengaspalan jalan, Drainase, Pembuatan embung. Bangket tersier, Bangket kali sekunder, Pengecoran jalan dan selama pembangunan menghabiskan dana lk 433 juta rupiah.

sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Bantul dan pemerintah Desa Trirenggo yang telah membantu pembangunan di dusun Kweden dan semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan risqinya kepada kita semua dan jangan lupa untuk nanti malam masih ada hiburan pentas seni wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon Semar Mbangun Kayangan

Wakil bupati Bantul H Abdul Halim Muslih ucap salam hormat kepada segenap tamu undangan dan syukur kepada Allah SWT, Atas nama pemerintah Kabupaten Bantul saya merasa bangga kepada warga Dusun Kweden atas terselenggaranya Merti Dusun ini.

Ngerti Dusun merupakan salah satu hajatan agung di mana sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah Subhana wa ta'ala maka rasa syukur itu harus kita maknai Hayati agar selalu dilimpahkan rahmat dan Rizki nya kepada kita. Pemerintah bantul masih banyak PR untuk mewujudkan masyarakat Bantul yang sehat cerdas dan sejahtera dan mari kita saling Gotongroyong saling membantu untuk membangun Kabupaten Bantul melalui Makaryo Mbangun Deso

Sekali lagi saya atas nama pemerintah Kabupaten Bantul mengucapkan terimaksih atas terselenggaranya acara merti dusun ini. Sampai berakhirnya acara kegiatan situasi terdapat aman kondusif. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:21

0 komentar:

CB